Sabtu, 2 Maret 2024

Induk Usaha XL, Axiata Group Kantungi US$50 Juta Hasil Penjualan Ncell Nepal

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Grup Axiata mencapai kesepakatan untuk menjual unit selularnya di Nepal. Keputusan startegis itu diambil, setelah tinjauan terhadap lingkungan bisnis lokal menyebutkan bahwa melanjutkan operasi dengan perpajakan yang tidak adil dan ketidakpastian peraturan tidak akan berkelanjutan bagi perusahaan.

Anak perusahaan grup tersebut, Axiata Investments, menandatangani perjanjian tanpa syarat dengan Spectrlite UK untuk penjualan Reynolds Holdings, yang memiliki 80 persen saham di Ncell Axiata.

Total pertimbangan untuk transaksi yang diusulkan dibagi antara jumlah tetap sebesar $50 juta dan jumlah bersyarat bergantung pada kinerja bisnis masa depan dan distribusi yang diumumkan oleh Ncell.

Dalam pengajuan pasar saham, Axiata Group menjelaskan pihaknya mempercepat keluarnya perusahaan tersebut mengingat paparan pajak berganda, risiko yang terkait dengan berakhirnya lisensi seluler perusahaan pada 2029, dan potensi pengambilalihan sahamnya oleh pemerintah.

Ncell membayar pajak keuntungan modal sebesar NPR47 miliar ($352,3 juta) sebagai “kewajiban penuh dan final” dan menerima konfirmasi dari otoritas pajak pada bulan April 2020 bahwa tidak ada pajak lebih lanjut yang tersisa sehubungan dengan akuisisi Reynolds pada 2016.

Baca Juga: Axiata Pilih AWS Sebagai Penyedia Cloud Utama

Meski sudah membayar, operator terkena tagihan pajak tambahan sebesar NPR57,9 juta untuk transaksi yang sama pada tahun 2021.

Pada Juni lalu, pengadilan internasional mengeluarkan perintah yang melarang pihak berwenang menuntut Ncell membayar jumlah tambahan apa pun terkait dengan perselisihan tersebut, namun otoritas pajak belum menarik penilaian tersebut, yang diperkirakan mencapai $433,6 juta termasuk bunga.

Karena biaya penurunan nilai aset terkait Ncell, kerugian bersih Grup Axiata pada Q3 meningkat menjadi MYR797 juta ($171 juta) dari MYR52,4 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk diketahui, Ncell Axiata Limited (sebelumnya Ncell Private Limited) adalah penyedia layanan seluler dari Nepal.

Ncell merupakan perusahaan terbesar pertama di Nepal dalam hal pangsa pasar pendapatan dan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua, setelah Nepal Telecom dalam hal basis pelanggan.

Perjalanan Ncel dimulai pada 2004. Hanya ada satu operator telekomunikasi besar pada saat itu, Nepal Telecom. Nepal Telecom telah menyediakan layanan PSTN dan GSM sejak awal.

Berinvestasi di bidang telekomunikasi dan bersaing dengan lembaga pemerintah merupakan risiko besar pada saat itu.

Dengan masuknya Ncell, konsumen Nepal mempunyai pilihan dan sektor telekomunikasi menyaksikan kemajuan luar biasa karena persaingan di pasar.

Baca Juga: XL Axiata Fokus Akselerasi Bisnis FMC, Sasar 8 Juta Home Pass

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU