Kamis, 31 Juli 2025

Agresif Mencari Celah Pasar, Inilah 10 MVNO Teratas di Dunia

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Pada September 2023, media terkemuka industri telekomunikasi, Mobile Magazine merangkum beberapa Operator Jaringan Virtual Selular (Mobile Virtual Network Operator/MVNO) terkemuka di seluruh dunia, termasuk Snail Mobile, Lycamobile, dan Lebara.

Sekedar diketahui, MVNO adalah pengecer layanan komunikasi nirkabel. MVNO menyewakan kapasitas nirkabel (berlaku, pembelian menit) dari operator jaringan seluler (MNO) dengan harga grosir dan menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga eceran yang lebih rendah di bawah merek bisnisnya sendiri.

MVNO menyewakan dan menjual kembali kapasitas dari MNO dalam bentuk menit atau bandwidth data. MVNO beroperasi dengan merek mereka sendiri, dan pelanggan mungkin tidak selalu menyadari bahwa mereka sebenarnya menggunakan jaringan milik perusahaan lain.

Mereka membeli kapasitas ini dengan harga grosir dan mampu menawarkan harga eceran yang kompetitif atau diskon karena biaya overhead yang lebih rendah.

Baca Juga: Pemerintah Tak Hanya Untung, Regulasi OTT Juga Bisa Percepat Digitalisasi

MVNO tidak harus berurusan dengan infrastruktur dan biaya operasional yang signifikan terkait dengan pengoperasian jaringan nirkabel, baik itu generasi keempat (4G) atau generasi kelima (5G).

Misalnya, mereka tidak perlu membayar lisensi spektrum frekuensi radio dan membangun serta memelihara menara seluler dan perangkat keras jaringan lainnya.

Pada akhir 2022, terdapat 1.986 operator jaringan virtual seluler (MVNO) yang aktif secara global, yang berarti dua kali lipat jumlah operator jaringan telekomunikasi tradisional.

Ukuran pasar MVNO diperkirakan akan tumbuh dari US$66,13 miliar pada 2023 menjadi US$91,68 miliar pada tahun 2028, dengan CAGR sebesar 6,75%.

Pasar terbesar berada di Amerika Serikat, dengan pertumbuhan CAGR sebesar 7,1% antara tahun 2022 hingga 2032 dan diperkirakan bernilai US$27,6 miliar pada akhir tahun proyeksi.

Terinspirasi oleh Laporan Riset Pasar Operator Jaringan Virtual Seluler (MVNO) tahun 2023, Mobile Magazine mengumpulkan beberapa MVNO terkemuka di dunia. Berikut daftar ke 10 MVNO teratas, utamanya didasarkan pada pendapatan, keunikan ragam layanan, wilayah operasi, dan jumlah pelanggan.

10. Eksetel

Wilayah Operasi: Australia

Menjelang akhir 2004 Exetel menambahkan layanan telepon kabel menggunakan jaringan Verizon dan layanan seluler menggunakan jaringan Vodafone ke dalam penawarannya.

Exetel didukung oleh jaringan grosir Telstra 3G, 4G dan 5G, dan kini mencakup lebih dari 98% populasi Australia. Dijuluki sebagai pemain serius di pasar seluler, merek ini bangga menjadi penyedia paket telepon berbiaya rendah yang sederhana dan mudah dipahami serta bernilai uang.

  1. Japan Communications

Wilayah Operasi: Jepang

Japan Communications telah menciptakan industri generasi mendatang MVNO sejak didirikan pada 1996.  Operator virtual ini yakin bahwa mereka memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan menyediakan transportasi data yang aman dan andal dengan visi dan pelaksanaan teknologi yang kuat.

Bergerak terutama dalam menyediakan layanan komunikasi seluler, misi inti Japan Communications, kata Presiden Naohisa Fukuda, adalah untuk menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh operator jaringan seluler lain – seperti SIMS pengunjung pra-bayar yang ‘unik’ bagi mereka yang mengunjungi Jepang – dalam sebuah industri yang terus berkembang.

  1. Snail Mobile

Wilayah Operasi: China

MVNO terbesar di Tiongkok dengan lebih dari 14 juta pelanggan, Snail Mobile adalah cabang dari perusahaan video game Tiongkok dan Operator Jaringan Virtual Suzhou Snail Digital Technology Co atau Snail.

Operator virtual ini didirikan pada 2014, dan menyediakan layanan telekomunikasi di seluruh daratan China. Snail Mobile menawarkan beragam produk telekomunikasi, dengan harga terjangkau. Kartu SIM Snail misalnya, menyediakan layanan khusus untuk mendukung pemain game seluler.

  1. Tracfone Wireless

Wilayah Operasi: AS

Anak perusahaan Verizon Communications, Tracfone Wireless beroperasi sebagai MVNO dengan tiga operator jaringan nirkabel terbesar AS: AT&T Mobility, T-Mobile US, dan Verizon.

Pada 2021, Verizon mengakuisisi TracFone Wireless, Inc. dari América Móvil yang berbasis di Meksiko senilai US$6,9 miliar. TracFone adalah operator MVNO terbesar di AS, melayani lebih dari 20 juta pelanggan di seluruh negara.

  1. Rakuten Mobile

Wilayah Operasi: Jepang

Beroperasi sebagai MVNO sejak n 2014, Rakuten Mobile adalah anak perusahaan dari perusahaan e-commerce, fintech, dan media Rakuten. Perushaan ini memiliki lebih dari 2,3 juta pelanggan dan merupakan MVNO terbesar di pasarnya.

Rakuten Mobile mengatakan bahwa melalui teknologi jaringannya yang inovatif dan dengan memanfaatkan sinergi dengan layanan Rakuten Group, program poin loyalitas Rakuten Points, dan keanggotaan Rakuten yang membentuk Ekosistem Rakuten.

Rakuten Mobile bertujuan tidak hanya untuk menawarkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan kepada pelanggannya. layanan komunikasi, tetapi juga untuk merevolusi cara masyarakat hidup dan bekerja di era 5G.

  1. Giffgaff

Wilayah Operasi: Inggris

Penyedia layanan anggaran dan merek flanker Telefónica UK (O2 UK), giffgaff, pada awal 2022, memiliki lebih dari 3,7 juta pelanggan.

Dengan jaringan O2 yang mencakup 99% wilayah Inggris – tepat di belakang pemimpin EE – paket berbiaya rendah dan kinerja tinggi membuatnya sangat menarik.

Selain itu, keunggulan lainnya termasuk nama dan reputasinya yang tepercaya, Giffgaff menawarkan paket data tak terbatas, sejarah yang memiliki reputasi baik, dan harga yang murah.

  1. PosteMobile

Wilayah Operasi: Italia

MVNO terkemuka di Italia, PosteMobile melayani lebih dari 3,3 juta pelanggan. Didirikan pada tahun 2007, operator virtual ini telah beroperasi di jaringan Wind sejak tahun 2013. Dalam tahun pertama PosteMobile memperoleh 670.000 pelanggan. Kemudian mencapai dua juta pada 2011.

Bagian dari Poste Italiane, layanan ini diluncurkan karena sejumlah keunggulan kompetitif yang unik hal ini akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan jaringan, termasuk merek dan basis pelanggan yang kuat serta jaringan distribusi kepemilikan yang kuat melalui kantor pos.

  1. Lebara

Wilayah Operasi: Sembilan negara termasuk Inggris, Arab Saudi dan Australia

Lebara didirikan pada tahun 2001 dan dimulai dengan menawarkan pilihan panggilan internasional yang terjangkau bagi komunitas migran.

Dalam 22 tahun sejak itu, Lebara telah berkembang menjadi merek bagi seluruh masyarakat yang mencari nilai terbaik.

Tercatat Lebara memiliki lebih dari lima juta pelanggan di seluruh dunia. Selain Inggris, coverage Lebara mencakup panggilan ke lebih dari 40 negara dan roaming gratis ke UE & India.

  1. Consumer Cellular

Wilayah Operasi: Amerika Serikat

Dihormati oleh perusahaan analisis data, perangkat lunak, dan intelijen konsumen Amerika J.D. Power sebagai MVNO nilai terdepan dalam layanan pelanggan selama 14 tahun berturut-turut, operator jaringan virtual seluler yang sepenuhnya berbasis di AS, Consumer Cellular, adalah merek yang paling banyak mendapatkan penghargaan untuk layanan pelanggan nirkabel menurut Yahoo ! Finance.

Membuktikan paket telepon seluler yang terjangkau dan fleksibel adalah misi inti Consumer Cellular, dengan basis pelanggannya terutama warga lanjut usia dan orang-orang yang lebih menyukai paket berbiaya rendah.

  1. Lycamobile

Wilayah Operasi: 23 negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan

Operator jaringan virtual seluler terbesar di dunia, Lycamobile beroperasi di 23 negara di lima benua – termasuk Inggris, Amerika Serikat, dan wilayah geografis luas di seluruh Eropa.

Lycamobile adalah pemimpin pasar di pasar panggilan seluler prabayar internasional, dengan lebih dari 16 juta pelanggan di seluruh dunia – setara dengan satu pelanggan baru yang bergabung dengan jaringan setiap dua detik.

MVNO yang berbasis di Inggris ini, berkibar di pasar yang sudah penuh sesak, di mana sebagian besar pendapatannya dihasilkan dari produk SIM.

Baca Juga: Sejumlah Pihak Desak Kominfo Segera Keluarkan Regulasi OTT

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU