SHARE

Majalah SELULAR Edisi 198 September 2016 MVNO Benarkah Menguntungkan
Kompetisi menjadi ciri khas industri ICT. Pemain silih berganti berada di panggung pertempuran untuk berebut dan mempertahankan pangsa pasar. Dengan pola open market, kompetisi antar vendor di Indonesia lebih keras lagi.

Berdasarkan laporan lembaga riset Counter Point, pada kuartal kedua 2016, Samsung masih menjadi penguasa pasar smartphone di Indonesia. Vendor asal Korea Selatan itu punya 22 persen. Disusul Oppo dengan 17 persen, Asus 14 persen, Evercoss 6,4 persen, dan Smartfren Andromax 5,9 persen.

Seperti halnya vendor smartphone, persaingan di arena operator selular juga tak kalah sengit. Bahkan sejak beberapa bulan terakhir mengarah ke turbulensi akibat rencana pemerintah dalam merubah regulasi yang ada, yakni penurunan tarif interkoneksi dan Peraturan Pemerintah No 52 dan 53 yang mengatur network sharing dan frekuensi.

Saat ini operator terbelah menjadi dua kubu, menerima dan menolak perubahan regulasi. Bagaimana muara dari rencana perubahan PP tadi? Sejauh ini publik dan dunia usaha masih menunggu.

Majalah Selular edisi kali ini mengulas tentang rencana perubahan PP di atas, dan menyajikan tanggapan dari para pemimpin di industri telekomunikasi.

Terlepas dari polemik yang terjadi, industri selular memang sangat kental dengan aroma persaingan. Selain inovasi teknologi, perubahan kebijakan juga memicu terjadinya pergeseran peta pasar.

Selain fokus pembahasan pada VR, Majalah SELULAR edisi 198 September 2016 juga menyajikan review smartphone:
– Samsung Galaxy On 7
– Lenovo Vibe C
– Vivo V3
– Infinix Hot S
– Samsung Galaxy J5 (2016)
– Oppo F1s

Selain itu juga ada beberapa artikel menarik lainnya :

6 Aplikasi Live Streaming Terfavorit

Beberapa aplikasi pilihan yang memungkinkan pengguna menyiarkan videonya sendiri di aplikasi tersebut, secara real-time. Atau bagi Anda seorang penggemar yang ingin menyaksikan video artis favoritnya, persis di saat yang sama dengan waktu sang artis merekam dan menyiarkannya.

Balada Layanan Purna Jual

Menumpang sarana after sales dengan distributor, adalah satu kiat vendor yang tidak mau direpotkan dengan masalah layanan purna jual. Kondisi ini lah yang hingga sekarang masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi bisnis ponsel di Indonesia. Lalu sejauh mana sejatinya ketersedian serta kualitas layanan purna jual di industri ponsel Tanah air saat ini?

Minimnya Belanja Online via Smartphone

Jumlah pengguna smartphone meningkat drastis, namun masih sedikit yang memanfaatkan untuk aktifitas belanja online. Mengapa ?

Oppo Indonesia Community

Komunitas smartphone Oppo tak sekedar tempat sharing, juga merupakan satu-satunya komunitas mengintegrasikan dengan after sales.

Review

Review berbagai smartphone terbaru :

  • Samsung Galaxy J5 (2016)
  • Infinix Hot S
  • Vivo V3
  • Lenovo Vibe C
  • Samsung Galaxy On7
  • dll

Dan masih banyak beberapa artikel menarik Majalah SELULAR edisi 198 terbaru !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here