Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Hadirnya Starlink Jadi Solusi Kecepatan Internet? Belum Tentu!

BACA JUGA

Selular.ID – Jangan pikir tidak bisa di tarik kesimpulan bahwa kehadiran Starlink menjadi salah satu solusi kecepatan internet di Indonesia.

Indonesia ini memang masih menjadi PR besar bagi penyelenggara telekomunikasi karena kecepatan internet belum bisa dikatakan cepat.

Mengutip riset dari Cable.co.uk di dalam artikel Tempo, pada bulan Oktober kemarin Indonesia berada pada peringkat 152 dari 220 negara dalam hal kecepatan internet pada 2023.

Internet di Indonesia digolongkan lambat, mengingat kecepatannya yang berada di bawah rata-rata kecepatan internet global.

Untuk level negara Asia Tenggara (ASEAN) saja, Indonesia masih keok dengan negara lain dan masuk dalam tiga negara terbawah soal internet lambat.

Di mana, Indonesia dengan rata-rata kecepatan mengunduh 14,3 megabit per detik (mbps), dalam artian juga ini hanya unggul dari Myanmar (9,02 mbps) dan Timor Leste (2,5 mbps).

Upaya pemerintah dan penyelenggara telekomunikasi juga sebenarnya tidak tinggal diam. Salah satunya yang saat ini bahunya sangat berat terasa dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII).

Muhammad Arif, Ketua Umum APJII (Photo By : Selular.ID/ Febrian Fahusni)

Muhammad Arif, selaku Ketua Umum dari APJII ini banyak di teror oleh masyarakat kenapa internet di Indonesia ini paling lemot? Apalagi di tambah apakah Starlink bisa menjadi solusi?

“Starlink masuk apakah jadi solusi apakah malah akan mematikan industri? Belum tentu juga.” Kata Arif dalam acara Selular Business Forum di Jakarta, Senin (27/11/2024).

“Cuma yang perlu di pikirkan, kalau mereka mau masuk harus mengikuti regulasi yang ada.Katanya bakal di kasih karpet merah, kita si bakal keberatan, tapi kalau mereka mengikuti semua peraturan yang ada sebenarnya kita tidak menyalahkan juga.” Tambahnya Arif.

Arif juga menginginkan kehadiran Starlink jadi eksklusifitas tertentu yang dalat merusak ekosistem usaha dalam negeri.

“Kita tidak tahu bagaimana perasaan penyelenggara telekomunikasi seluler di gempur habis habisan, berharap kapan 4G 90%, kapan 5G merata?, lalu dihantam lagi salah satu teknologi baru yang bisa mengancam.” Kata Arif.

Jadi, apakah Internet Satelit (Starlink) apabila hadir di Indonesia bakal menjadi solusi kecepatan internet?

“Belum tentu juga sebenarnya, bukan karena Starlink, memang harusnya kita merubah kebijakan dalam negeri agar itu berubah menjadi bagus.” Tutupnya Arif.

Baca juga : Satelit Internet Starlink Berpotensi Timbulkan Polusi Cahaya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU