Selasa, 5 Maret 2024
Selular.ID -

Cara Menggunakan Fitur Rekening Keluarga Dana

BACA JUGA

SELULAR.ID – Upaya terus dilakukan platform dompet digital guna memberikan kemudahan bertransaki bagi masyarakat yang tak memiliki rekening bank (unbanked). Seperti yang dilakukan Dana, dengan fitur Rekening Keluarga.

Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia mengatakan survei Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) 2022 menyatakan bahwa adopsi teknologi keuangan terbukti mengakselerasi tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Di sisi lain, kondisi penduduk Indonesia yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) berkisar 50%.

Hal ini menjadi potensi besar bagi pembayaran digital untuk menjadi gerbang utama masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses layanan keuangan.

“Fitur Rekening Keluarga menawarkan fasilitas pengelolaan keuangan dalam satu platform yang sama, yaitu dompet digital Dana,”terang Rangga.

Pengguna yang telah memiliki akun Dana Premium dapat mengundang lima anggota keluarga lainnya untuk menjadi anggota Rekening Keluarga.

Sehingga para anggota dapat melakukan transaksi digital seperti Kirim Uang dengan persetujuan pengelola akun yang memiliki akun Dana Premium.

Baca Juga:Top Up Saldo Dana Tersedia di 22 Ribu Gerai Indomaret se-Indonesia

Kepala keluarga yang mengelola akun juga dapat melakukan pengaturan keuangan sehingga batasan pengeluaran juga dapat dimonitor antar anggota keluarga.

“Hal ini membantu orang tua memastikan pengeluaran anaknya dapat diatur secara baik,”tutur Rangga.

Pengelola dan seluruh anggota akun Rekening Keluarga dapat melakukan transaksi di aplikasi Dana yang semakin mudah, cepat, dan praktis.

Pengelola akun hanya butuh menambahkan nomor telepon atau kontak pengguna yang akan dijadikan anggota akun, dan mengalokasikan sejumlah saldo kepada setiap pengguna untuk digunakan.

Untuk memastikan keamanan dalam bertransaksi, dibutuhkan persetujuan pengelola apabila anggota akun ingin melakukan transaksi kirim uang.

Yang menarik, fitur Rekening Keluarga juga memiliki fleksibilitas yang memungkinkan fitur ini digunakan dan dimanfaatkan oleh siapapun di luar anggota keluarga, seperti kerabat, dan beragam rentang usia.

Misalnya, fitur Rekening Keluarga dapat digunakan untuk membuka akses l dan layanan keuangan digital untuk pekerja di sektor informal yang belum memiliki rekening bank, bahkan hingga menjangkau masyarakat yang belum memiliki KTP.

“Rekening Keluarga diharapkan dapat menjadi pelengkap ekosistem pembayaran digital yang semakin merata dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat,”harap Rangga.

Fitur Rekening Keluarga memungkinkan pengguna Dana untuk mengimplementasikan dan mengajarkan literasi keuangan kepada para anggota akun, terutama dalam pengelolaan keuangan.

Implementasi digitalisasi melalui fitur Rekening Keluarga ini juga diharapkan dapat mempercepat tercapainya target inklusi keuangan digital, sehingga terwujud masyarakat nontunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik.

Baca Juga:DANA dan BSSN Tingkatkan Keamanan Bertransaksi Digital Lewat Edukasi

Fitur Rekening Keluarga masih akan terus dikembangkan dari berbagai aspek, termasuk jumlah anggota hingga jenis transaksi yang dapat dimanfaatkan para anggota, agar pengguna mendapatkan pengalaman yang menyeluruh.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU