Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Apple Kabarnya Mulai Buat Chipset Untuk iPhone 17

BACA JUGA

Selular.ID – Apple dikabarkan sudah memulai mengerjakan chipset dari smartphone andalannya iPhone untuk series 17 yang rilis sekitar 2 tahun mendatang.

iPhone 15 sebentar lagi akan rilis secara global, tidak membuat perusahaan yang berlogo apel kegigit tersebut stop bekerja untuk sementara.

Nyatanya menurut kabar dari Seorang kolektor ponsel dengan nama pengguna di X (yang sebelumnya dengan nama Twitter) @_orangera1n yang dilansir dari melalui Phone Arena telah menemukan bahwa Apple sudah mengerjakan A19 Bionic SoC.

Chipset ini diperkirakan akan digunakan untuk ponsel pintar iPhone generasi ke-17.

Pasalnya Tahun ini, Apple akan menjadi satu-satunya pabrikan ponsel besar yang menawarkan smartphone yang ditenagai oleh chipset yang diproduksi menggunakan node proses 3nm.

Yang mana menurut rumor chipset dengan node proses 3nm itu akan hadir di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Komponen tersebut adalah A17 Bionic yang sedang dibangun oleh TSMC.

Apple dilaporkan mencadangkan 90% dari produksi 3nm pengecoran untuk tahun ini dan juga seharusnya mendapatkan kesepakatan manis dari TSMC.

Jadi dapat disimpulkan kemungkinan untuk Bionic A19 akan hadir di iPhone 17 series sesuai dengan jadwal antreannya.

Untuk bukti yang dibagikan @_orangera1n di X adalah daftar ID CPU dan 0x8120 adalah 4nm A16 Bionic yang dapat ditemukan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dalam waktu sekitar satu bulan, A16 Bionic akan ditemukan di bawah kap unit iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Seperti yang sudah kami tunjukkan, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan dilengkapi dengan A17 Bionic. Chipset itu terdaftar sebagai 0x8130 dalam daftar.

Serta yang terakhir ada 0x8140 dan 0x8150 masing-masing akan menjadi A18 Bionic dan A19 Bionic.

Dengan A17 Bionic tahun ini, prosesor aplikasi (AP) smartphone pertama yang dibuat menggunakan node 3nm, artinya ukuran fiturnya lebih kecil, termasuk ukuran transistor.

Itu, secara teori, berarti lebih banyak transistor di dalam setiap cetakan yang membuat sebuah chip lebih kuat dan hemat energi. Ada 16 miliar transistor di dalam setiap A16 sehingga kita bisa mengharapkan peningkatan yang layak untuk A17 Bionic.

Sebagai contoh, A13 Bionic 7nm yang digunakan pada seri iPhone 11 tahun 2019 mengandung 8,5 miliar transistor.

Pada A14 Bionic yang menggerakkan lini iPhone 12, SoC iPhone pertama yang dibuat menggunakan node proses 5nm, menampilkan 11,8 miliar transistor.

Lanjut angka tersebut naik menjadi 15 miliar untuk iPhone 13 5nm A15 Bionic dan dengan risiko berulang, mencapai 16 miliar dengan A16 Bionic seri iPhone 14 Pro. Yang terakhir dibuat menggunakan proses 5nm yang disempurnakan yang dijuluki 4nm.

Dan chipset yang sedang di kerjakan ini, A19 Bionic, yang kemungkinan akan ditemukan di dalam iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max/Ultra, bisa menjadi chip pertama di dalam iPhone yang diproduksi menggunakan node proses 2nm TSMC yang juga akan menjadikannya iPhone pertama yang menggunakan Gate-All -Around (GAA) transistor.

Lain itu kalau sekarang Apple sedang mengerjakan A19 Bionic, mungkin Apple hampir menyelesaikan pekerjaannya pada A18 Bionic SoC yang seharusnya ditemukan di dalam iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max/Ultra.

Baca juga : Bukan Cuma USB-C, iPhone 15 Akan Dibekali Fast Charging Lebih Cepat Dari Sebelumnya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU