Selular.ID – Kementerian Koperasi, dan UKM mencatat ada 20,76 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergabung ke platform digital per Desember 20221.
Setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang dapat membantu mereka mengembangkan usahanya.
Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo melihat potensi bisnis, kali ini, Gojek melalui GoFood hadirkan inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood.
Yang merupakan kategori khusus di dalam aplikasi berisi kurasi menu-menu khas daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal GoFood.
Gede Manggala, Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan, selain dukungan dari sisi teknologi, Koleksi Juara Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek melalui GoFood untuk terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.” ujar Gede kepada Selular, di Jakarta (25/05/23).
Baca Juga:Kode Promo Gojek Rabu 15 Maret 2023, Mulai dari GoRide hingga GoFood
Inisiatif teranyar dari GoFood ini dapat memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan.
Ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood telah dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang. Koleksi Juara Lokal GoFood diluncurkan di Bali pada November 2022.
“Kini, Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek, untuk saat ini GoFood memiliki tim khusus untuk mengakurasi UMKM lokal yang layak berada di Koleksi juara lokal GoFood, jadi GoFood tak buka pendaftaran,” lanjut Gede.
Diketahui dari hasil riset Alvara Research Center pada 20222 , bahwa makanan nusantara atau makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai.
Baca Juga:UMKM Kesulitan Akses Modal Perbankan, Aplikasi Keuangan Coba Berikan Solusi
Hal ini juga yang mendorong Gojek untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas.