Sudah Dinyatakan Ilegal, Pinjol Kredit Berlian Kok Masih Ada Di Play Store?

Pinjol Kredit Berlian
Pinjol Kredit Berlian

Selular.ID – Sudah dinyatakan ilegal pinjaman Online atau pinjol Kredit Berlian masih tersedia di Play Store kok bisa? Berikut ulasannya.

Aplikasi yang menawarkan pinjaman online ini, walaupun sudah dilaporkan ilegal oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetap masih tersedia di play store.

Bhima Yudhistira selaku Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) melihat masih ada masalah di koordinasi lintas sectoral. Masalah koordinasi ini menghambat kecepatan penegakan hukum untuk memblokir aplikasi yang berlum berizin.

“Masalah blokir aplikasi dilakukan kalau ada aduan. Baru Kemenkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informasi) akan diberitahu pihak Google-nya untuk dilakukan blokir. Alurnya sangat panjang,” Ujar Bhima. Yang dikutip dari berbagai sumber.

Bhima juga mengatakan kecepatan pembuatan aplikasi pinjol ilegal tidak bisa dibendung. Menurutnya, apabila ada satu aplikasi yang diblokir, di hari berikutnya, muncul aplikasi sejenis.

Baca juga: Berikut Daftar Pinjol Legal 2023, Yang Terdaftar Dan Berizin Dari OJK

Bhima menyarankan agar masyarakan lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan platform pinjol ilegal meski muncul di aplikasi.

“Perlu cek legalitas perusahaan, karena biasanya selain ada nama aplikasi juga ada nama PT pinjolnya. Kalau tidak terdaftar di OJK berarti ilegal,” Katanya.

Kamu juga perlu cek data apa saja yang diminta oleh pihak aplikasi. Seperti ada yang minta akses ke kontak, foto, kalender yang bersifat privasi, kamu perlu berhati-hati.

Satgas Waspada Investasi (SWI) memastikan bahwa aplikasi Kredit Berlian ilegal. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan pihaknya bahkan telah meminta pemblokiran aplikasi tersebut.

Baca juga: Aturan Baru Tentang Penagihan Pinjol, OJK Tegas Larang Debt Collector Tagih Ke Keluarga Debitur

Dilansir dari berbagai sumber, Tongam mengatakan, kami sudah minta diblokir aplikasi tersebut. Kamu juga meminta masyarakat tidak mengakses ke aplikasi ilegal tersebut agar tidak dirugikan.

Aplikasi Kredit Berlian masih ada di Play Store dan dapat diunduh melalui website. Adapun menurut deskripsi izin aplikasi, Kredit Berlian meminta informasi seputar nomor ponsel, nomor kartu bank, daftar kontak, direktori file, ruang penyimpanan, hingga daftar aplikasi yang diinstal.