Di Eropa, Mobil Listrik Seres 5 Ganti HarmonyOS dengan Android

Mobil listrik DFSK Seres 5
DFSK Seres 5

Selular.ID – Mobil listrik terbaru gubahan DFSK Seres 5, yang turut dalam pameran mobil di Brussel tahun ini, segera datang ke Eropa pada musim semi mendatang.

Untuk spesifikasi dan fitur semuanya sudah diketahui karena mobil listrik model SUV kompak tersebut sudah dijual di China.

Namun, Seres mengklarifikasi akan ada satu perbedaan substansial antara Seres 5 Eropa dan rekan China-nya, yakni otak dari mobil listrik tersebut.

Di Cina, Seres memiliki kesepakatan dengan Huawei, yang menyediakan software HarmonyOS untuk kendaraan dan layanan tambahan seperti HiCar dan bahkan drivetrain (sistem kerja kemudi) dan penyetelan suara.

Bahkan, nama resmi model tersebut adalah Seres Huawei Smart Selection SF5 untuk menandakan bahwa mobil listrik tersebut dikembangkan bersama Seres dan Huawei.

Namun di Eropa, HarmonyOS akan digantikan oleh Android Auto dan itulah yang dijalankan Seres 5 di pameran mobil Brussels minggu lalu.

Baca Juga: Huawei Investasi USD 1 Miliar untuk Pengembangan Mobil Listrik dan Otonom

Mungkin ini bukan kejutan besar karena HarmonyOS memiliki fungsionalitas terbatas dan integrasi yang buruk dengan perangkat yang dijual di pasar Barat serta layanan.