Sejarah Mobile Banking CIMB Niaga, Berawal Dari Go Mobile Berkembang Menjadi OCTO Mobile

Mobile Banking CIMB Niaga

Selular.ID – Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan smartphone dan jaringan internet semakin merata di berbagai wilayah Indonesia.

Semua itu berkat upaya operator telekomunikasi memperkenalkan teknologi broadband, baik selular (3G/4G LTE) maupun fixed broadband internet.

Alhasil, mengakses berbagai layanan perbankan melalui aplikasi digital kini semakin dikenal luas di tengah masyarakat. Berkat aplikasi yang mudah dan simpel, nasabah kian nyaman bertransaksi hanya dari genggaman tangan.

Baca Juga: Lonjakan Transaksi Octo Mobile Dorong Peningkatan Laba CIMB Niaga

Salah satu bank yang mengalami peningkatan berkat kehadiran aplikasi mobile banking adalah CIMB Niaga. Lewat OCTO Mobile, kinerja CIMB Niaga terkerek naik.

Per 30 September 2022, OCTO Mobile telah memiliki 2,8 juta pengguna aktif. Pertumbuhan jumlah pengguna mendorong peningkatan transaksi. Hingga mencapai mencapai 139 juta transaksi, tumbuh sebesar 87,2% Year on Year (YoY).

Pertumbuhan pengguna dan nilai transaksi OCTO Mobile yang melonjak signifikan, pada gilirannya berkontribusi terhadap kinerja CIMB Niaga.

Tengok saja, sepanjang Q3-2022, CIMB Niaga mampu membukukan laba bersih sebesar Rp 3,84 triliun. Meningkat 18,5% dibandingkan periode yang sama 2021.

Saat ini layanan OCTO Mobile yang dikembangkan CIMB Niaga telah berkembang menjadi digital super app. OCTO Mobile diklaim memiliki kapabilitas yang mumpuni dan menyediakan fitur terlengkap di Indonesia.

Sebagai super app, Octo Mobile menjadi one stop mobile financial solution yang dapat memenuhi kebutuhan finansial nasabah kini dan nanti pada setiap fase kehidupan.

Menyasar semua segmen, OCTO Mobile diklaim dapat memenuhi keperluan perbankan secara lebih mudah dan seamless melalui smartphone dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor cabang.

Melalui OCTO Mobile, selain bertransaksi, nasabah juga bisa membuka tabungan, berinvestasi, membeli asuransi (termasuk asuransi perjalanan), hingga mengelola pinjaman.

Demi memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin berkembang, OCTO Mobile terus mengembangkan fitur-fitur baru.

Baca Juga: Tumbuh 87,2%, Transaksi Octo Mobile Capai 139 Juta

Tengok saja, untuk memfasilitasi kebutuhan liburan, pengguna kini dapat mengoptimalkan fitur-fitur unggulan dari digital super app OCTO Mobile.

Fitur-fitur tersebut dirancang untuk menemani seluruh tahapan perjalanan wisata nasabah sehingga semakin nyaman dan berkesan.

Tak dapat dipungkiri, dengan popularitas yang semakin meningkat di masyarakat, OCTO Mobile kini telah menjadi tumpuan bagi pertumbuhan CIMB Niaga.

Sukses yang diraih OCTO Mobile,  menunjukkan langkah transformasi yang dilakukan CIMB Niaga sejak lebih dari satu dekade lalu, sejalan dengan trend dan kebutuhan masyarakat di era digital.

Berikut adalah langkah-langkah transformasi CIMB Niaga dalam mengembangkan layanan mobile banking. Dimulai dari CIMB Cliks dan kini telah bersalin rupa menjadi OCTO Mobile.

2011 – Memperkenalkan layanan CIMB Cliks.

2012 – Meluncurkan Go Mobile.

2013 – Rekening Ponsel pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat. Ini adalah e-wallet pertama di Indonesia yang mengubah nomor ponsel menjadi rekening.

2014 – Demi meningkatkan kenyamanan nasabah, CIMB Niaga meluncurkan Digital Lounge yang merupakan cabang digital pertama dengan fasilitas video banking. Saat ini terdapat 37 Digital Lounge yang tersebar di 8 kota di Indonesia.

2016 – Memperkenalkan VCM (virtual card member) di CIMB Cliks. VCM diterima di semua e-commerce yang mendukung Master Card.

2017 – Memperkenalkan wajah baru Go Mobile. Semakin banyak fitur yang ditawarkan. Pengguna bisa mengatur menu utama sesuai kebutuhan, bikin transaksi terjadwal, donasi ke lembaga sosial, dan top up Smartfren.

2018 – Turut bergabung dan mendukung program QRIS dari Bank Indonesia. QRIS resmi diluncurkan Bank Indonesia bertepatan dengan HUT ke–74 Kemerdekaan Indonesia (17/8/2019). QRIS bertujuan untuk mendorong sistem pembayaran melalui aplikasi uang elektronik, dompet elektronik, atau mobile.

2019 – Pembukaan rekening pertama CIMB Niaga secara online. Dari tarik atau setor tunai tanpa kartu.

2020 – OCTO Digital Preposition. Meluncurkan OCTO Cliks baru dan mengubah Go Mobile menjadi OCTO Mobile.

Baca Juga: Berkat QRIS, Transaksi Pengguna OCTO Mobile Melonjak Signifikan