Beranda News Enterprise Huawei Investasi USD 1 Miliar untuk Pengembangan Mobil Listrik dan Otonom

Huawei Investasi USD 1 Miliar untuk Pengembangan Mobil Listrik dan Otonom

-

Jakarta, Selular.ID – Huawei tengah dilanda kesulitan dengan bisnis smartphone akibat embargo dari Amerika Serikat. Meski demikian, Huawei terus bergerak dan kabarnya mereka akan fokus ke pengembangan kendaraan listrik dan mobil otonom.

Menurut laporan Bloomberg, untuk proyek terbarunya ini Huawei akan menginvestasikan dana sebesar USD 1 miliar untuk riset dan pengembangan teknologi tersebut.

Meski demikian, Huawei mengklarifikasi bahwa mereka tidak berencana membuat mobil sendiri. Melainkan, hanya memasok teknologi yang mereka buat ke produsen mobil.

Maka dari itu, Huawei telah menjalin kemitraan dengan tiga produsen mobil, BAIC Group, Chongqing Changan Automobile dan Ghuangzhou Automobile Group.

Chairman of Huawei, Eric Xu juga mengungkapkan bahwa mobil yang nantinya diluncurkan akan membawa nama Huawei sebagai sub-brand.

Teknologi mobil otonom garapan Huawei telah melampuai Tesla dalam beberapa aspek teknologi. Misalnya, mobil bisa melaju hingga jarak 1.000 kilometer tanpa campur tangan manusia sama sekali.

“Unit bisnis mobil pintar menerima salah satu investasi terberat dari Huawei. Kami akan menginvestasikan lebih dari $ 1 miliar dalam pengembangan komponen mobil tahun ini,” ujar Xu.

Huawei telah meluncurkan produk konektivitas mobil pintar dan teknologi entertainment yang dapat ditemukan di Mercedes-Benz. 

Selain Huawei, raksasa teknologi lain seperti Apple dan Xiaomi juga sudah menargetkan akan ikut terjun ke industri otomotif, khususnya mobil listrik dan mobil otonom.

Artikel Terbaru