Harga Saham GOTO Cuma Rp2 Per Lembar? Simak Penjelasan Perusahaan

Startup yang lampaui GOTO karena sudah raih profit.
Startup yang lampaui GOTO karena sudah raih profit.

Selular.ID – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk memberikan konfirmasinya terkait harga saham GOTO yang hanya Rp2 per lembar.

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali menyita perhatian pelaku pasar pada perdagangan terakhir di pekan ini, Jumat (2/12/2022).

Pasalnya, di pasar negosiasi, ada transaksi saham GOTO sebanyak 57,3 juta lot (5,7 miliar saham) senilai Rp 11,4 miliar atau setara dengan harga rata-rata Rp2 per lembar saham.

Transaksi ini pun menimbulkan pertanyaan tentang mengapa ada antrean membeli di harga Rp2 per saham GOTO yang levelnya di bawah harga pasar.

TONTON JUGA:

Hal ini mengingat harga saham GOTO, sesuai data Bursa Efek Indonesia (BEI), terkoreksi 6,38% (auto reject bawah/ARB) di Rp 132/saham saat penutupan.

Setelah penelusuran, ternyata Rp 2/saham adalah harga pembelian saham (exercise price) khusus untuk karyawan GOTO sebagai bagian dari skema Share Based Compensation (SBC) atau semacam program opsi saham karyawan (Employee Stock Ownership Program/ESOP).

Baca juga: Investor Saham GOTO Harus Belajar dari Amazon dan Zamato

Skema SBC sebenarnya sudah ada jauh-jauh hari dalam prospektus GOTO saat perusahaan melakukan aksi korporasi berupa Penawaran Umum Perdana Saham (initial public offering/IPO) pada 11 April 2022.

Saham dalam skema SBC merupakan saham yang terbit sebelum IPO sehingga karyawan juga terikat aturan penguncian saham (lock-up) selama 8 bulan.

Per 1 Desember lalu, ketika gembok lock-up terbuka, karyawan berhak mengeksekusi haknya untuk membeli saham GOTO senilai Rp 2/saham.

Sejumlah testimoni karyawan GOTO juga mulai bermunculan di media sosial.

Mereka mengakui bahwa transaksi saham di harga Rp 2 tersebut merupakan transaksi pembelian saham karyawan GOTO.

Penjelasan GoTo

Baca juga: Buka Peluang Bagi Siapa pun Jadi Influencer Berkomisi, ‘Tokopedia Affiliate Program’ Alami Kenaikan Pengguna Lima Kali