Gucci Makin Canggih Usai Rambah Dunia Metaverse, Upaya Tingkatkan Penjualan

Selular.ID – Brand fashion ternama di dunia yang berasal dari negara Italia, Gucci kini membuat dunia metaverse nya sendiri di Sandbox.

Gucci melihat jutaan orang di seluruh dunia telah bergabung dengan metaverse, yang mana di lingkungan secara digital tersebut tetap saling berhubungan imersif.

Inisiatif yang dibuat Gucci ini adalah bagian dari tren, dan juga melihat dan memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Serta memperkenalkan produk yang Gucci tawarkan tersebut dalam versi virtual ke pengguna metaverse, tetapi balik lagi tujuannya meningkatkan penjualan pada barang fisiknya.

Pengalaman metaverse dari Gucci ini akan menampilkan “Gucci Vault Land” yakni dimana pengguna nantinya dapat mengetahui segala sesuatu tentang Gucci dari sejarah melalui game dan NFT.

Baca juga : Percepat Adopsi 5G, IoT dan Metaverse, IOH dan Telkom Berkolaborasi

Bisa dikatakan juga Gucci ini merupakan brand fashion yang sering melakukan inovasi-inovasi dan juga melek terhadap teknologi.

Pada Mei tahun lalu misalnya, Gucci menjadi brand mewah pertama yang meluncurkan NFT, dan juga meluncurkan Gucci Garden experience di Roblox.

Yang mana perusahaan pun melaporkan bahwa Gucci Garden digital tersebut telah dikunjungi oleh lebih dari 20 juta pengguna.

Apalagi Bank investasi Morgan Stanley telah memperkirakan bahwa pemanfaatan mode digital dapat meningkatkan penjualan industri sebesar $50 miliar pada tahun 2030.

Dan berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan pengguna dalam Gucci Vault Land

  • Mempelajari tentang warisan dan nilai inti dari Gucci melalui NFT mode Vintage
  • Dapat bersaing dengan pemain lain untuk mendapatkan dan kesempatan membeli barang koleksi digital.
  • Bisa bermain mini games dengan menyelesaikan tugas misi untuk mendapatkan hadiah berbasis blockchain.
  • Memegang perangkat NFT Gucci Vault Aura NFT, yang mana dapat pengguna gunakan untuk melengkapi koleksi avatar di metaverse The Sandbox.
  • Serta dapat berinteraksi dengan non-player characters (NPCs) yang tersedia sebagai pemandu di dunia digital metaverse.

Lain itu juga dalam membangun dunia metaverse dapat memiliki beberapa manfaat besar bagi brang, seperti

  • Margin tinggi untuk membuat item secara digital yang dapat direfleksikan tanpa batas dan gratis
  • Akses kepelanggan baru yang lebih muda dari pembeli barang mewah tradisional.
  • Membeli barang mewah di metaverse dapat mengarahkan pelanggan baru untuk membeli barang nyata di masa mendatang
  • Mengurangi masalah overstock dan oversupply barang mewah dalam bentuk fisik.
  • penciptaan aliran pendaptan baru untuk brand, termasuk menghadirkan kembali desain arsip
  • Dan biaya royalti dan bagi hasil yang sedang berlangsung pada transaksi mendatang untuk sertifikat cerdas dan NFT untuk barang virtual saat barang berpindah tangan.

Baca juga : Instagram Luncurkan Fitur NFT, Bos Indodax Ungkap Keuntungannya