Cara Ampuh Menghindari Terror Pinjol Ilegal

Berikut Bahaya Joki Pinjol
Berikut Bahaya Joki Pinjol

Selular.ID – Cara ampuh menghindari terror pinjol ilegal yang pasti mengganggu kamu yang kerap kali mengancam dan menyebarkan hal-hal aneh tentang kamu.

Kamu pasti tau tentang ratusan mahasiswa IPB yang terjerat pinjol yang membuat heboh di internet. Dengan kasus penipuan berkedok investasi.

Aplikasi pinjol ilegal ini tetap sesuatu yang harus diwaspadai, karena dampaknya tidak main-main. Dan kamu juga harus mengetahui perbedaan pinjol legal dan ilegal.

Tren aplikasi financial technology (fintech) kian menjamur, mulai dari berbelanja di toko online sampai menawarkan pinjaman bisa dilakukan oleh aplikasi ini.

Pandemi Covid-19 membuat pinjol menjadi salah satu jalan utama ketika kebutuhan finansial sedang mendesak.

Banyak masyarakat yang khawatir akan terjebak dalam pinjaman online ilegal. Apalagi sudah banyak berita di media sosial tentang korban pinjol ilegal yang sering di terror.

Beragam ancaman akan kamu dapatkan seperti dipermalukan di media sosial, terror yang dialami keluarga mau pun teman terdekat kamu, hingga bisa kehilangan segalanya.

Baca juga: Cara Hapus Data Pribadi Dari Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol)

Berikut cara ampuh menghindari terror pinjol ilegal yang perlu kamu ketahui:

  1. Pakai aplikasi fintech yang terdaftar di OJK

Jika kamu ingin melakukan pinjaman pastikan pinjaman online kamu sudah diresmikan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Layanan pinjaman online yang sudah ada dalam daftar ini dijamin aman. Kamu bisa langsung melapor ke OJK bila merasa dirugikan oleh pinjol yang sudah kamu pilih untuk digunakan.

  1. Pahami syarat dan mekanisme aplikasi pinjol

Kamu sebaiknya sebelum melakukan peminjaman wajib memahami betul syarat, ketentuan, dan mekanisme dari aplikasi itu. Pahami ketentuan peminjaman, termasuk bunga yang ditawarkan, dan lihat bagaimana mekanisme aplikasi ini bekerja.