Chipset Snapdragon 8 Gen 2 Sudah Hadir Bersama iQOO di Indonesia, Kira-kira Siapa Selanjutnya?

Snapdragon 8 Gen 2

Selular.ID – Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 sudah resmi rilis di Indonesia masuk bersamaan dengan smartphone terbaru dari brand yang juga baru yakni iQOO 11, namun siapa lagi selanjutnya?

Telah resmi diawal bulan November kemarin Chipset gahar untuk smartphone android kelas flagship hadir, Snapdragon 8 Gen 2.

Chipset pabrikan dari TSMC ini juga telah hadir di pasar Indonesia bersama dengan brand smartphone iQOO 11.

Bisa dikatakan smartphone tersebut merupakan yang pertama dan juga yang terakhir untuk tahun ini yang mana teruntuk smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Kemungkinan besar sampai akhir tahun 2022 nanti tidak ada lagi yang akan memakai chipset dari qualcomm tersebut.

Dan juga kemungkinan akan hadir Kembali untuk smartphone flagship yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini di tahun depan.

Baca juga : Perdana! Bermain PUBG Mobile di Snapdragon 8 Gen 2

Chipset ini dirancang untuk kinerja smartphone yang mempunyai spesifikasi gahar dan juga dapat memberikan efisiensi untuk tugas yang berkaitan dengan AI.

Karena itu meluas dari prosesor Hexagon AI-Sentris yang diperbaharui hingga pemrosesan gambar lebih cerdas.

Selain itu juga di chipset flagship terbaru ini sudah mendukung konektivitas terdepan untuk saat ini yaitu Wi-Fi 7.

Jika dibandingkan dengan chipset terdahulunya Snapdragon 8 Gen 1, untuk CPU Kryo di Gen 2 ini menyertakan satu inti utama berdasarkan Arm Cortex-X3 pada 3,2GHz.

Lain itu juga ada 4 inti kinerja yang membuatnya gahar satu inti pada 2,8GHZ dan tiga inti efisiensi pada 2,0GHz.

Qualcomm juga mengatakan CPU 35 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya, dengan penghematan daya 40 persen.

Demikian pula untuk GPU Adreno yang lebih cepat hingga 25 persen dengan efisiensi daya 45 persen lebih baik.

Kira-kira smartphone dari brand mana saja yang akan membawa Kembali chipset flagship tersebut? Dikabarkan ada salah satu raksaksa smartphone malah tidak menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 pada smartphone flagshipnya.

Pada daftar mitra Qualcomm untuk nanti yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini mencakup brand seperti Motorola, OPPO, ASUS Republic of Gamers, dan lain lain.

Namun ada satu yang hilang dari daftar tersebut ialah dari brand ternamaan asal Korea Selatan, Samsung. Samsung telah hilang dari daftar tersebut.

Ini belum pasti juga memang belum dijelaskan pula apakah benar nanti smartphone flagship milik Samsung yakni Galaxy S23 Series akan menggunakan chipset dari qualcomm ini atau tidak.

Atau malah Samsung akan tetap menggunakan chipset andalan miliknya sendiri yaitu Exynos yang akan dijual model di luar Amerika Serikat.

Baca juga : Ini Fitur Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2