Gerakan Menuju Smart City 2022, Berhasil Jangkau 50 Kota

Gerakan Menuju Smart City 2022, Berhasil Jangkau 50 Kota
Gerakan Menuju Smart City 2022, Berhasil Jangkau 50 Kota

Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika menginisiasi Gerakan Menuju Smart City untuk menumbuhkan lebih banyak lagi kota-kota cerdas di Indonesia. Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) periode 2022 telah berhasil bimbing 50 kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan kota cerdas.

Gerakan Smart City sendiri adalah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan didukung kementerian terkait.

Sejak bergulir tahun 2017 sampai tahun 2022 ini, gerakan ini telah berhasil membimbing 191 kota dan kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di dalam rencana induk tersebut, tersusun inovasi yang menjawab tantangan sekaligus memaksimalkan potensi dari masing-masing kota/kabupaten.

Semuel Abrijani Pangerapan, selaku Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, menjelaskan, dengan adanya partisipasi aktif dan keinginan yang kuat dari pemerintah daerah, diharapkan titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru tanah air kita, Indonesia.

Baca Juga:Pemprov DKI Serius Wujudkan SmartCity di Jakarta

Pemerintah daerah peserta Gerakan Menuju Smart City harus memiliki komitmen untuk menjalankan inovasi yang tertera di rencana induk yang telah disusun.

‘Karena itu, Gerakan Menuju Smart City tidak hanya memberikan bimbingan, namun juga evaluasi implementasi dengan mengukur dampak langsung kepada masyarakat. prosesnya panjang, Pemda perlu ada Perda untuk menuju Smart City,”ujar Semuel, di Jakarta, (01/12/22).

Seperti dikutib dari berbagai sumber dalam Gerakan Menuju Smart City telah tergabung 25 kabupaten dan kota pada tahun 2017.

Kemudian, 50 kabupaten dan kota di tahun 2018. Lalu 25 kabupaten dan kota di tahun 2019, serta 48 kabupaten dan kota pada tahun 2021 yang lalu.

Sampai tahun 2022, 191 pemerintah kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia bergabung dengan Gerakan Menuju Smart City.

Menkominfo menegaskan Pemerintah terus secara konsisten menyelenggarakan Gerakan Menuju Smart City dengan meningkatkan sinergi kementerian, lembaga atau pemerintah daerah.

Baca Juga:Perusahaan Solusi Cloud Korea Selatan Masuk Indonesia, Janji Latih Talenta Lokal

Ditambahkan Semuel, Smart city merupakan sebuah inisiatif yang bertumpu pada inovasi dan kolaborasi, dengan tujuan utama meningkatkan taraf hidup seluruh masyarakat.

Daftar Kota/Kabupaten Peserta Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City 2022