Senin, 20 Mei 2024
Selular.ID -

Besok Piala Dunia Qatar Dimulai, Inilah Beberapa Teknologi Yang Akan Digunakan

BACA JUGA

Selular.ID – Piala Dunia 2022 Qatar besok akan dimulai, dan ini lah ada beberapa sejumlah teknologi yang akan dipakai pada gelaran 4 tahunan tersebut.

Qatar adalah negara yang dipercaya oleh FIFA untuk menyelenggarakan turnamen terbesar di dunia ini. meskipun tidak sedikit banyak pihak yang juga tidak senang melihat Piala Dunia ini di selenggarakan Qatar namun ketahuilah negara tersebut ingin menjalankan event tersebut dengan kesuksesan besar.

Contohnya ialah dengan mengadopsi teknologi yang mutakhir yang ada pada perhelatan pertandingan nanti.

Teknologi ini bukan hanya berguna bagi pemain, pelatih, serta staff dari masing-masing negara saja, namun juga bagi para penonton dan semua pihak dijamin kenyamanannya.

Dari segi jalannya pertandingan, stadion, maupun keamanan baik darat maupun udara semua telah disiapkan oleh Qatar sebagai tuan rumah.

Baca juga : Nielsen Prediksi Brasil dan Argentina Melaju ke Final Piala Dunia 2022, Simak Cara Simulasinya

Dan berikut adalah beberapa teknologi yang akan dimanfaatkan untuk meramaikan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Bola Al Rihla

FIFA sebagai induk persepakbolaan dunia kali ini akan menambahkan teknologi terbaru yang disematkan didalam sebuah bola yang dipakai.

FIFA akan menamainya dengan bola Al Rihla, teknologi yang ada pada bola Al Rihla ini bekerja untuk mendeteksi keakuratan offside.

Bola ini nantinya telah dipasangkan chip yang terkoneksi dengan sudut-sudut kamera yang ada distadion.

Baca juga : FIFA Menambahkan Teknologi Terbaru Untuk Gelaran Piala Dunia Qatar 2022

Dikabarkan ada sebanyak 12 kamera pelacak khusus yang berada di stadion untuk melacak bola hingga 29 titik data dari setiap pemain dan terhitung dari 50 kali perdetik.

Sebelumnya teknologi offside semi otomatis ini sudah teruji di event lain yakni FIFA Arab Cup 2021, namun pada piala dunia nanti bola ini akan diresmikan.

Stadion Bongkar Pasang

Selanjutnya yang tidak kalah menakjubkannya lagi pada saat pertandingan nanti Stadion dapat dibongkar pasang.

Menjadikan stadion tidak akan bisa kembali lagi mengunjungi stadion tersebut setelah perhelatan piala dunia Qatar-nya telah usai.

Stadion 974 bisa langsung dibongkar setelah hajatan dunia sepakbola ini selesai karena terbuat dari truk kargo dan kerangka baja.

Teknologi Untuk Penonton Tunanetra

Kesetaraan bagi semua umat memang pantas disematkan pada pergelaran kali ini, ya Qatar menyediakan teknologi khusus untuk penyandang tunanetra atau buta.

Teknologi ini dinamai Bonocle, yang mana mampu mengubah konten digital menjadi format braille.

Karena memang penggemar sepakbola pastinya datang buka dari kalangan yang normal secara fisik saja, tetapi Qatar melihat sisi minoritas tersebut menjadikannya prioritas.

Drone Keamanan

Yang terakhir hadir dari segi keamananya, yang mana Qatar akan menggunakan Drone untuk membantu keamanan yang dapat mencegah adanya serangan dari udara.

Fortem Technologies yang akan menyediakan drone pencegat tersebut yang mana menyusul kesepakatan dengan kementerian dalam negeri Qatar untuk piala dunia 2022.

Nantinya Drone ini akan menembakan jarring untuk menjerat drone target, kemudian drone yang ditargetkan ini akan dibawa kelokasi lain untuk di tindak lanjuti.

Baca juga : Fortem Technologies Akan Membantu Keamanan Jalur Udara Pada Piala Dunia Qatar 2022

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU