FIFA Menambahkan Teknologi Terbaru Untuk Gelaran Piala Dunia Qatar 2022

Teknologi Terbaru Bola FIFA

Selular.ID – Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA menambahkan teknologi terbaru untuk gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Penggunaan teknologi tidak hanya pada untuk pengendalian mesin, namun tidak terkecuali dengan sepakbola yang mana baru-baru ini FIFA menambahkan teknologi baru didalam bola untuk mendeteksi keakuratan offside.

Teknologi yang diletakkan didalam bola ini bernama offside semi otomatis yang mana nanti akan digunakan pada Piala Dunia Sepakbola FIFA 2022 di Qatar.

Bola yang diberi nama Al Rihla ini Nantinya semua bola yang dipakai pada ajang 4 tahunan tersebut akan dipasangkan chip, yang terkoneksi dengan sudut-sudut kamera yang ada di stadion.

Sebanyak 12 kamera pelacak khusus yang berada di stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari setiap pemain, 50 kali perdetik, sehingga bisa mengetahui posisi pasti pada saat pertandingan.

Baca juga : FIFA+ Semakin Berkembang Dengan Menambah 4 Bahasa, Termasuk Indonesia

Dan teknologi chip yang ada di dalam bola tersebut akan ada sensor unit pengukuran inersia (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi offside.

Sensor ini diposisikan di tengah bola, dan nantinya akan mengirimkan data bola keruang operasi video 500 kali per detik.

Dengan meletakkan teknologi didalam isi bola pastinya akan membantu pekerjaan dari seorang pengadil dilapangan, agar tidak adanya lagi yang merasa diuntungkan atau dirugikan.

Pierluigi Colina Ketua Komite Wasit FIFA juga menjelaskan “hal ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melihat offside pada layar VAR.”

“Kami juga telah banyak menggunakan VAR secara terus menerus, khususnya mengenai garis intervensi.”

“Kami menyadari juga bahwa terkadang oemerikasaan atau peninjauan terlalu lama, khususnya terkait offside ini,” tutup Colina.

Baca juga : FIFA 22 Depak Mason Greenwood dari Game, Sanksi Sosial di Ruang Digital Keras!

Sebelumnya teknologi offside semi otomatis ini telah berhasil diuji coba di berbagai pertandingan, seperti di FIFA Arab Cup 2021.