Persaingan E-Commerce Semakin Sengit, Siapa Pemenangnya?

Ilustrasi e-commerce di Indonesia

Selular.ID – Persaingan e-commerce semakin sengit, setelah pandemic Covid 19, belanja digital menjadi jalan utama bagi kamu.

Di jaman yang serba instan dan mudah setelah pandemic Covid 19 melanda seluruh dunia, kegiatan berbelanja online sudah mencapai puncaknya setelah pandemic yang dialami semua orang. Belanja melalui platform digital seperti e-commerce menjadi jalan utama.

Persaingan bisnis e-commerce di Indonesia semakin ketat, dikarenakan banyak sekali e-commerce baru yang bermunculan dan menawarkan kelebihan yang menarik, dan mengharuskan pebisnis terus berinovasi untuk mempetahankan dan mendapatkan pelanggan.

Fitur hingga promo belanja menarik ditawarkan untuk menarik pelanggan, kemeriahan akhir tahun sebentar lagi dan sudah mulai terlihat, hal ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan serta mendapatkan promosi yang ditawarkan.

Berdasarkan data iPrice memperbarui data Peta E-Commerce telah merangkum beberapa fakta mengenai perkembangan e-commerce.

Baca juga: Bantu Seller, Lazada Logistics Perluas Jaringan dan Infrastruktur 

Website channel penting e-commerce

Dalam laporan iPrice mengungkapkan bahwa shoppers Indonesia cenderung lebih sering mengakses platform e-commerce melalui aplikasi mobile. Banyaknya perusahaan e-commerce menaruh fokus pada aplikasi mereka. Di Indonesia dengan jumlah kunjungan website menuju 10 platform e-commerce mengalami peningkatan sebesar 64%.

Dua tahun telah berlalu, website e-commerce masih tetap tinggi, hal ini menunjukan bahwa channel memegang peran penting dalam proses belanja online.

Platform e-commerce dengan pertumbuhan tertinggi

Shopee dan Tokopedia berhasil mempertahankan posisinya sebagai platform e-commerce dengan website tertinggi di Indonesia. Pengunjung website bulanan di atas 100 juta sejak kuartal 4 2020. Platform lain hanya memiliki pengunjung website bulanan di bawah 30juta. Platform seperti Orami dan Ralali sama-sama mengungguli tingkat pertumbuhann pada website Shopee dan Tokopedia.

Baca juga: Aplikasi Belanja Online Terfavorit, Semakin Betah Belanja dari Rumah

Pembeli lebih efektif mengunakan platform e-commerce

Pasalnya, para pelaku e-commerce Indonesia dalam meningkatkan kualitas user experience (UX) dan user interface (UI), seerta konten yang lebih beragam serta mudah pun menjadi salah satu penunjang besar dalam perilaku pembeli.

Banyaknya platform yang kini bukan hanya menjadi katalog produk tapi telah berubah menjadi lifestyle partner yang memberikan informasi berguna dan rekomendasi yang lebih personal.