Twitter Tambahkan Fitur Pengingat untuk Posting Gambar

fitur gambar twitter

Selular.ID – Pengguna Twitter sudah dapat fitur men-tweet gambar dengan teks alternatif sejak bulan Maret lalu.

Pengguna akan menerima pengingat untuk menambahkan teks alternatif ke gambar apabila pengguna mencoba mempostingnya tanpa itu.

Dilansir dari Digital Trends, Senin (18/7/2022), bahwa Twitter mengumumkan kabar tersebut pada Rabu, 13 Juli 2022.

Twitter telah meluncurkan pengingat peringatan teks alternatif untuk 10% pengguna di Andaroid, iOS, dan Web.

Baca Juga: Babak Baru Perang Elon Musk dengan Twitter, Tantang Debat Terbuka

Meski begitu, fitur tersebut adalah fitur opsional. Pengingat akan muncul sebagai pop-up sebelum gambar diposting tanpa teks alternatif, dan pengguna akan memiliki opsi untuk menambahkan teks alternatif atau melewati proses dengan mengetuk atau mengklik “tidak kali ini”.

Sementara untuk mengakifkan pengingat teks alternatif, caranya dengan membuka pengaturan dan privasi, kemudian gulir ke bawah ke Aksesibilitas > tampilan > bahasa, ketuk Aksesibilitas, dan gulir ke bawah ke bagian Gambar. Di sini, ketuk sakelar yang disebut Terima pengingat deskripsi gambar.

Meskipun Twitter tidak mengharuskan pengguna untuk menambahkan teks alternatif ke gambar mereka, pengingat teks alternatif merupakan fitur yang paling banyak diminta dari aktivis aksesibilitas.

Teks alternatif adalah tambahan sederhana yang memudahkan orang yang menggunakan pembaca layar untuk memahami konteks gambar dalam tweet.

Beberapa pengguna mengeluh bahwa menambahkan teks alternatif ke gambar mereka terlalu banyak pekerjaan, tetapi yang lain membela penggunaan teks alternatif.

Baca juga: Fitur Baru Twitter Akan Hadir, Untuk Melihat Tweet Dalam Sebulan

Pengingat baru ini mungkin membuat semua orang di platform untuk menambahkannya lebih sering.

Dengan memperkenalkan peringatan pengingat teks alternatif, Twitter mendorong orang untuk membantu membuat gambar mereka dapat diakses oleh Tunanetra.