Sekitar 85% Penasaran Dengan Keamanan Privasi Android

Android
ilustrasi Android.

Selular.ID – Berdasarkan data analisis dari Kaspersky mengungkap bahwa, 85% pengguna nya tertarik mengetahui bagaimana keamanan privasi dari sistem operasi tersebut.

Hasil analisis ini disediakan secara sukarela dengan data anonim, dari Pengguna layanan instruksi privasi dan keamanan untuk platform internet dan aplikasi digital.

Beberapa temuan Kaspersky diperoleh ke situs web Kaspersky Privacy Checker antara Januari 2022 dan Juli 2022.

Mengungkap bahwa sebanyak 85% pengguna layanan penasaran bagaimana layanan privasi di Android, lalu ada 22% permintaan 2022 terkait pedoman keamanan Google.

Baca Juga: Kaspersky: Penjahat Siber Gali Informasi Sistem Perusahaan dari Dark Web

Sebelumnya sempat diungkap oleh Calyx Institute pada tahun 2021, 80% responden banyak mengkhawatirkan tentang privasi digital selama setahun terakhir.

Sementara, 59% mengaku lebih menyadari tentang bagaimana data mereka diperlakukan dibandingkan tahun lalu.

Untuk menghilangkan kekhawatiran ini, pengguna dapat membatasi jumlah data pribadi yang tersedia secara online, menggunakan Kaspersky Privacy Checker.

Ini termasuk menganalisis layanan dan platform mana yang paling sering diminta oleh pengguna untuk instruksi pengaturan keamanan.

Baca Juga: Laman dan Aplikasi Beli Rumah Lelang, Simak Keuntungan dan Kerugiannya

Sergey Malenkovich, Head of Social Media di Kaspersky, menjelaskan ketertarikan pengguna terkait keamanan privasi dikarenakan pembaruan persyaratan.

“Tampaknya ini mungkin terkait dengan pembaruan ‘persyaratan layanan’ yang dibuat selama tahun ini, dan pengguna ingin memastikan bahwa data pribadi mereka aman, apa pun yang terjadi,” komentar Sergey

Permintaan pedoman privasi untuk layanan di platform Android jauh lebih banyak dibandingkan dengan OS lain.

Karena, Windows dan iOS dapat hasil permintaan yang sama (6%), dan jumlah permintaan terendah tercatat untuk Mac (3%).

Baca Juga: Aplikasi Tinder Mengutamakan Keamanan Untuk Pengguna Wanitanya

Jumlah pengguna tertinggi yang tertarik dengan pengaturan privasi tingkat menengah untuk Google (17%).

Tiga posisi berikutnya semuanya mencatat jumlah yang sama (9%), dan ini adalah aturan privasi menengah untuk Chrome dan WhatsApp, serta pedoman paling ketat untuk Google.

Peringkat Kelima adalah instruksi keamanan tingkat menengah untuk Facebook (7%).

Untuk pengaturan layanan, pengguna paling sering tertarik pada pedoman untuk Google (22%), WhatsApp (14%), aturan privasi sistem operasi dan Chrome (masing-masing 12%).

Instagram (11%) menutup lima besar, sedikit mengungguli Facebook tahun ini dalam hal jumlah permintaan dengan pangsanya sebesar 10%.