Penyebab Youtube Go Menghilang dari Play Store

Penyebab Youtube Go Menghilang dari Play Store
Penyebab Youtube Go Menghilang dari Play Store

Selular.ID – Beberapa bulan lalu, Google mengungkapkan rencananya untuk menghentikan Youtube Go pada bulan Agustus. Dan sekarang, Google resmi menghentikan layanan tersebut untuk seluruh pengguna. Dan kini Youtube Go menghilang dari Play Store.

Alasannya, aplikasi ini adalah karena platform tersebut dinilai sudah tidak diperlukan lagi serta peningkatan aplikasi utamanya.

Saat dicek versi ringan dari aplikasi Youtube ini sudah tak bisa ditemukan di Play Store. Namun, masih ada beberapa aplikasi Youtube seperti aplikasi utama Youtube, Youtube Kids, Youtube Music, dan Youtube Studio tampil di Play Store.

“Dibandingkan YouTube Go, aplikasi utama YouTube menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan serta menawarkan fitur yang tidak tersedia dan banyak diminta di YouTube Go,” tulis Google.

Lebih lanjut, Google pun meminta pengguna untuk mengunduh aplikasi YouTube utama di perangkat Android, atau dapat mengakses platform tersebut melalui youtube.com via browser.

Baca Juga:Sekarang Menonton Aplikasi YouTube di PC Tidak Usah Melalui Browser Lagi, Berikut Caranya

Saat ini, ketika menuliskan Youtube Go di google play store tidak akan menemukan aplikasi itu lagi.

Secara garis besarnya, Youtube Go merupakan aplikasi Android resmi dari Youtube yang memungkinkan untuk mengontrol jumlah data yang akan digunakan untuk menonton video tertentu tanpa menggunakan WiFi.

Youtube mengembangkan aplikasi berbagi video versi Go ini pada 2016 atau sekitar 6 tahun lalu.

Kala itu, aplikasi Youtube Go adalah solusi perusahaan untuk menyediakan layanan video ke perangkat dengan spesifikasi kelas bawah dan koneksi internet kurang stabil.

Youtube Go memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki di aplikasi utama, berbeda dengan aplikasi utama Youtube, Youtube Go menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol jumlah penggunaan data.

Jadi, sebelum memutar atau mendownload video, Anda akan melihat opsi jumlah MB yang ingin digunakan untuk menonton setiap video. Jika Anda memilih resolusi tinggi, maka semakin banyak data yang akan Anda gunakan.

Kedua fitur di atas tidak dapat ditemukan di aplikasi utama YouTube, jika Anda menonton video, Anda tidak tahu berapa penggunaan data yang akan dihabiskan.

Namun, saat ini Youtube sudah memiliki peningkatan untuk semua penggunanya, maka dari itu Google memutuskan untuk menghentikan layanan Youtube Go.

Baca Juga:Sekarang Menonton Aplikasi YouTube di PC Tidak Usah Melalui Browser Lagi, Berikut Caranya

Dilaporkan Youtube telah berinvestasi dalam peningkatan pada aplikasi utama yang membuatnya berkinerja lebih baik, sekaligus memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.