Telegram Menambahkan Fitur Emoji Terbaru, Namun Dirasa Mirip Seperti Emoji di IOS

Sticker Animasi Telegram Buat Komunikasi Online Kian Berwarna
Sticker Animasi telgram

Selular.ID – Pembaruan terbaru aplikasi Telegram untuk iOS telah menambahkan beberapa fitur Emoji baru terutama untuk pelanggan premium, Namun diklaim mirip seperti emoji di IOS.

Sebelumnya CEO Telegram Pavel Durov menulis postingan minggu ini yang mengungkapkan bahwa apple menunda perilisan pembaruan Telegram dengan alasan yang tidak diketahui.

Namun pada saat pembaruan yang akhirnya sudah keluar di App Store iOS, Durov mengkonfirmasi embali bahwa Apple telah mengeluh tentang emoji animasi baru yang disertakan dalam aplikasi.

Misalnya, pengguna dapat membatasi pesan suara atau bahkan memberi  seseorang  langganan Telegram premium.

Namun, fitur yang paling menonjol dari pembaruan ini adalah panel emoji baru, yang juga mencakup emoji animasi baru.  Menjadikan Lebih banyak emoji animasi baru untuk Telegram.

Baca juga : Sticker Animasi Telegram Buat Komunikasi Online Kian Berwarna

Telegram sudah memiliki beberapa emoji animasi, tetapi sekarang platform memperluas fungsi ini. Pengguna sekarang akhirnya dapat menambahkan beberapa emoji animasi ke pesan mereka, sedangkan sebelumnya hanya satu emoji yang dikirim pada satu waktu. Aplikasi ini menawarkan beberapa paket “tele-moji”, sebutan untuk emoji animasi baru ini.

Dan di sinilah situasi  Apple berperan. Dalam  posting baru di saluran Telegramnya, Durov mengklaim  Apple telah meminta platform untuk menghapus Telemoji dari pembaruan.

Ini karena beberapa paket baru sangat terinspirasi oleh emoji iOS asli, tetapi animasinya dibuat oleh Telegram.

Menurut Durov, Telemoji “membawa dimensi yang sama sekali baru” dibandingkan dengan “emoji statis beresolusi rendah” yang disertakan dengan iOS. CEO Telegram mengklaim bahwa Apple keberatan dengan “emoji standar versi animasi vektor berkualitas tinggi.”

Dengan Telemoji telah disetujui oleh tim peninjau App Store. Durov mengatakan  ini akan memotivasi Telegram untuk membuat Telemoji “lebih unik dan dapat dikenali” dalam jangka panjang.

Tim peninjau App Store menemukan bahwa beberapa emoji Telegram baru memiliki bahasa yang sama dengan emoji bermerek Apple.

Menurut pedoman 5.2.5  App Store, pengembang pihak ketiga tidak dapat membuat aplikasi yang “sangat mirip dengan produk Apple yang sudah ada”.

Dalam pedoman yang sama, Apple menjelaskan bahwa ini termasuk tidak menduplikasi desain emoji Apple.

Apple memberi tahu Telegram  mengapa pembaruan aplikasi ditolak dan langkah apa yang dapat diambil pengembang  untuk membuat pembaruan sesuai dengan kebijakan App Store.

Pembaruan aplikasi disetujui oleh App Store setelah Telegram menghapus paket emoji yang terinspirasi oleh emoji Apple.

Perusahaan menunjukkan bahwa semua pengembang toko aplikasi tunduk pada aturan yang sama, dan  pedoman ini  melindungi  merek serta pengguna. Pembaruan Telegram telah disetujui oleh App Store setelah Apple mengeluhkan emoji animasi. Telegram tersedia gratis di App Store, tetapi langganan premium dikenakan biaya $4,99/bulan untuk pengguna iOS.

Baca juga : Apa Bedanya Telegram Fitur Premium dan Versi Biasa?