Persaingan Semakin Ketat, Penjualan Smartphone Layar Lipat Diprediksi Mencapai 16 Juta Unit

smartphone layar lipat

Selular.ID – Vendor asal China Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone terbarunya di segmen foldable phone (layar lipat) yang sedang berkembang, Mix Fold 2.

Perangkat tersebut merupakan penerus dari generasi pertama, Mi Mix Fold yang dirilis pada 2021 dan awalnya hanya tersedia di daratan China.

Peluncuran Mi Mix Fold hanya berselang sehari setelah raksasa Korea Selatan, Samsung meluncurkan jagoan terbaru di segmen ini, Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4, pada Rabu (10/8). Juga beberapa jam setelah Motorola Razr 2022 diumumkan ke publik.

Xiaomi, Samsung dan Motorola termasuk di antara semakin banyak vendor smartphone yang menargetkan pertumbuhan segmen ponsel lipat, yang diprediksi akan semakin meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Oppo Bakal Rilis Ponsel Layar Lipat yang Bakal Saingi Samsung

Menurut laporan terbaru Counterpoint Research, pasar smartphone lipat global akan tumbuh double digit, mencapai 73% pada tahun ini. Itu berarti kenaikan dari 9 juta unit tahun lalu menjadi 16 juta unit.

Pertumbuhan yang kuat menentang tantangan ekonomi saat ini, karena pasar premium menunjukkan ketahanan dan permintaan yang stabil.

Counterpoint memperkirakan pertumbuhan yang kuat hingga tahun depan juga, dengan perangkat lipat diperkirakan akan tumbuh menjadi 26 juta unit pada 2023.

Sepanjang semester pertama 2022, Samsung menikmati pangsa pasar ponsel layar lipat yang dominan. Mencapai 62% sesuai laporan Counterpoint’s Foldable Smartphone Tracker, yang dipublikasikan pada Juni 2022. Dua vendor China, Huawei dan Oppo berada di urutan kedua dan ketiga.

Mengomentari kinerja Samsung, Analis Senior Counterpoint Jene Park mengatakan, “Samsung telah memimpin pasar sejak awal, dan kami pikir dominasinya akan berlanjut untuk beberapa waktu”.

Menurut Jene, persaingan smartphone lipat akan semakin ketat, di mana vendor-vendor utama China, seperti Huawei, OPPO, Xiaomi, dan Vivo semuanya memperkenalkan perangkat lipat baru.

Namun sebagian besar, produk tersebut terbatas pada pasar China. Motorola mungkin satu-satunya pesaing di pasar seperti AS untuk saat ini.

Baca Juga: Panas! Xiaomi Tantang Samsung Di Segmen Smartphone Lipat

“Kehadiran Galaxy Fold 4 dan Flip 4 yang baru dapat melanjutkan momentum Samsung di segmen smartphone lipat. Samsung bisa menjual hampir 9 juta unit tahun ini, membantu pangsa perangkat lipat pada semester kedua 2022 melonjak menjadi 80%”, pungkas Jene.