Netflix Sedang Jatuh, Ini Kesempatan Bagi Disney Plus

Selular.ID – Disney Plus akan meluncurkan layanan streaming baru pada bulan Desember, karena hal tersebut dapat menyalip Netflix yang sedang terpuruk dalam perlombaan untuk menarik pelanggan.

Perusahaan itu mengatakan memiliki 221,1 juta langganan di tiga platform streaming pada 2 Juli. Hal tersebut malah berbanding terbalik dengan saingannya Netflix yang telah kehilangan pelanggan.

Perusahaan yang juga memiliki platform televisi khalayak umum Hulu dan ESPN+ yang berfokus pada olahraga, mengatakan permintaan pelanggan untuk layanan Disney plus tetap kuat.

Lockdown yang dilakukan akibat pandemi memberikan dorongan untuk layanan streaming seperti Disney, tetapi pelonggaran pembatasan Covid tampaknya tidak mencegahnya menarik pelanggan baru.

Baca juga : Layanan Video Game Netflix Tidak Efektif, Inilah Alasannya

Perusahaan dikabarkan telah mendapatkan 14,4 juta akun Disney plus pada kuartal tersebut, banyak di antaranya malah diluar Amerika Serikat, jauh lebih banyak dari yang diperkirakan para analis.

Akhir tahun ini akan meluncurkan layanan baru yang didanai iklan, yang masih akan dikenakan biaya berlangganan saat ini sebesar $7,99 atau jika dirupiahkan Rp 119.850. Biaya untuk layanan bebas iklan kemungkinan akan naik menjadi $10,99 per bulan atau sekitar  Rp 164.850

Keuntungan pelanggan Disney telah datang dengan biaya yang besar, dengan bisnis streaming kehilangan $ 1,1 miliar pada kuartal tersebut.

Total pendapatan pada periode April-Juni melonjak 26% dari tahun lalu, mendorong laba menjadi $1,5 miliar.

Saham perusahaan melonjak lebih dari 6% dalam perdagangan setelah jam kerja setelah perusahaan membagikan hasilnya.

Paolo Pescatore, analis di PP Foresight, menyebutnya sebagai “momen penting dalam perang streaming” dengan mengatakan Disney memiliki lebih banyak ruang untuk tumbuh daripada saingan berat Netflix.

Netflix kehilangan hampir satu juta akun pada kuartal terakhir, sehingga total keanggotaannya mencapai 220,67 juta.

Itu tepat di belakang Disney dengan lebih dari 221 juta langganan. Disney menghitung setiap langganan ke platform streaming secara terpisah, artinya pelanggan yang membayar lebih dari satu layanan dihitung lebih dari sekali.

Baca juga : 7 Film Harus Ditonton dari Aplikasi Disney+ Sebelum Saksikan Thor: Love and Thunder