Kota Pintar Pertama di Batam Manfaatkan Qlue Township Management

Kota Pintar Pertama di Batam Manfaatkan Qlue Township Managemen
Kota Pintar Pertama di Batam Manfaatkan Qlue Township Managemen

Selular.ID – Qlue bersama Central Group berkolaborasikembangkan kota pintar pertama di Batam yang mendukung sistem tata kelola perumahan pintar, terintegrasi yang menghubungkan penghuni dengan pengelola.

Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen Qlue untuk menghadirkan sistem pengelolaan properti berbasis kecerdasan buatan (AI) yang cerdas dan terukur.

Maya Arvini, President Qlue mengatakan, implementasi pengelolaan kawasan hunian cerdas berbasis aplikasi ini memanfaatkan solusi Qlue Township Management.

Melalui implementasi AI, Qlue menghadirkan konsep 3S yaitu Smart Cluster, Smart Community, and Smart Home.

Konsep tersebut mendukung pengelolaan kawasan hunian cerdas yang memberikan kemudahan akses pelayanan serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuninya.

Baca Juga: Qlue Siap Ekspansi Bisnis di Korea Selatan Ini Solusi yang Dibawa

Dan kolaborasi ini menurut Maya, akan menjadikan kawasan hunian yang memberikan kemudahan dan menghadirkan nilai tambah, karena mengedepankan pelayanan menggunakan aplikasi mobile.

Penghuni dapat berkomunikasi dengan mudah ke pihak pengelola terkait jasa layanan, aduan, dan kebutuhan akan akses informasi untuk aktivitas komunitas yang sesuai minat penghuni.

Pemanfaatan teknologi untuk kawasan hunian ini juga merupakan bagian dari visi Qlue dalam menghadirkan perubahan positif oleh para pelaku bisnis untuk menghadirkan nilai lebih bagi masyarakat.

“Qlue semakin memperkuat posisi Qlue di industri properti, melalui Township Management yang sudah diimplementasikan di banyak perusahaan pengembang properti. Melalui penggunaan teknologi berbasis AI dan IoT (Internet of Things), akan membantu kehidupan bermasyarakat sehingga tercipta kawasan hunian cerdas baik di Batam maupun di kota-kota lain di Indonesia,” ujar Maya.

Princip Muljadi, CEO Central Group mengatakan, kerjasama ini akan membantu meningkatkan nilai tambah kepada penghuni sehingga investasi properti yang dimiliki dapat memberikan nilai yang lebih optimal.

Hal itu didorong dari aspek kenyamanan, keamanan, dan kemudahan akses yang akan menjadi faktor utama dalam industri properti untuk bisa meningkat secara signifikan dengan membangun ekosistem kawasan cerdas secara berkesinambungan.

Baca Juga: Qlue Terima Pendanaan Baru dari ICMG Untuk Pengembangan Bisnis Sistem Pengawasan Komprehensif

Implementasi teknologi berbasis aplikasi bernama Central Connect, yang didukung oleh solusi Qlue Township Management ini membuat Central Group menjadi developer pertama di Batam, Kepulauan Riau, yang menerapkan konsep pengelolaan kawasan hunian cerdas yang fokus dalam menghubungkan pengelola dengan komunitas penghuninya.

“Kami merasa antusias dalam kerjasama dengan Qlue karena ini merupakan strategi pengembangan bisnis perusahaan untuk menghadirkan kawasan hunian cerdas bagi masyarakat dengan layanan yang cepat dan terukur,” ujar Princip.