Qlue Siap Ekspansi Bisnis di Korea Selatan Ini Solusi yang Dibawa

Kota Pintar Pertama di Batam Manfaatkan Qlue Township Managemen
Kota Pintar Pertama di Batam Manfaatkan Qlue Township Managemen

Selular.ID – Qlue sebagai penyedia ekosistem smart city di Indonesia aktif melakukan penetrasi pasar global dengan menggarap potensi penerapan solusi smart city Qlue di pasar Asia, tepatnya di Korea Selatan.

Penjajakan implementasi solusi Qlue di Korea Selatan ini bersamaan dengan kerjasama yang dilakukan oleh Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, dengan ITS Korea Selatan.

Maya Arvini, President Qlue mengatakan, Korea Selatan sebagai salah satu negara dengan penetrasi penerapan digital terbaik di dunia menunjukkan keseriusannya untuk fokus mengembangkan teknologi berbasis smart transportation dan smart surveillance system.

Untuk mulai menjajaki pasar di Korea Selatan, Qlue akan memperkuatnya dengan melihat potensi kerjasama melibatkan startup-startup teknologi di Korea Selatan, serta menjadi mitra yang solutif mengingat pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang terus meningkat di Korea Selatan.

Baca Juga: Solusi Smart City Qlue Dukung Percepatan Kota Aman Bagi Perempuan

Hal ini sejalan dengan visi Qlue dalam mengembangkan inovasi-inovasi teknologi yang ramah lingkungan demi menjawab persoalan sistem transportasi di seluruh dunia dengan memulai ekspansi bisnis di pasar Asia.

Fokus Qlue untuk pengembangan Software as a Services (SaaS) dapat diintegrasikan dengan baik seiring dengan pesatnya digitalisasi di kota-kota besar di Korea Selatan seperti Seoul, Busan, dan Incheon.

Baca Juga:

Sebagai contoh, sinergi antara sistematika transportasi yang terintegrasi dengan solusi Qlue dapat menghadirkan pengalaman bertransportasi yang lebih baik untuk masyarakat.

Melalui solusi Qlue DTC (Dynamic Traffic Controller) dan Qlue Voice Guard yang dapat digunakan untuk membantu pengawasan dan pengaturan lampu lalu lintas secara cerdas dan terintegrasi berbasis AIoT.

“Sebagai bagian dari anggota ITS Indonesia yang aktif berkontribusi, Kami menyambut baik potensi kerjasama antara Qlue dengan entitas bisnis di Korea Selatan dalam mendorong pembangunan di era Society 5.0 yang berbasis digitalisasi untuk menghubungkan layanan transportasi, kesehatan, hingga tata kelola pelayanan publik,”kata Maya.

Inovasi Qlue juga telah dimanfaatkan di Jepang dan Malaysia, seiring dengan ekspansi bisnis yang menyasar pasar global. Di Indonesia, solusi smart transportation Qlue DTC dan Qlue Voice Guard juga telah digunakan di kawasan Alam Sutera dan berhasil mengurangi kemacetan lalu lintas hingga 35%.

Sebelumnya Indonesia juga telah menjajaki kerjasama bilateral melalui Joint Committee Meeting on Economic Cooperation (JCEC) dengan Korsel di awal tahun 2022. Kerjasama ini merupakan fokus Indonesia dan Korsel dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Targetnya, nilai kerjasama Indonesia dan Korea Selatan pada 2022 ini bisa mencapai angka US$ 30 Miliar atau sekitar Rp 400 triliun.

Melanjutkan kerjasama tersebut, Menteri Perhubungan, ITS Indonesia dan Qlue juga akan menggarap kerjasama dengan Korsel dalam bidang teknologi digital serta transportasi.

Hal ini juga untuk mendorong pemanfaatan potensi ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh mencapai USD US$140 Miliar atau sekitar Rp2.051 triliun pada 2025.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan mengatakan, implementasi smart mobility yang menjadi salah satu pilar dalam teknologi smart city merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mendorong perekonomian Indonesia.

Kerjasama yang dilakukan oleh ITS Indonesia ini akan membantu terciptanya Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia yang terintegrasi dan inklusif bagi masyarakat dan akan berkontribusi untuk perekonomian masyarakat.

William Sabandar, President ITS Indonesia menambahkan, kerjasama ini nantinya dapat mendorong semangat untuk bersinergi antara para pelaku bisnis di Indonesia dan Korea Selatan.

Baca Juga: Qlue Dorong Teknologi AI dan IoT Untuk Tingkatkan Bisnis di Indonesia

Implementasi dari teknologi smart mobility dan smart transportation ini juga mendorong implementasi teknologi berbasis smart city seperti yang diinisiasi oleh Qlue.

Kesepakatan bersama antara ITS Indonesia dan ITS Korea Selatan diharapkan dapat mempercepat kolaborasi teknologi serta sinergi di kedua negara, dan implementasi teknologi smart city oleh Qlue dapat membantu mewujudkan kolaborasi ini dengan baik.