Kenali Terlebih Dahulu Hak Cipta Dari Sebuah Lagu di Aplikasi Streaming Music, Sebelum Digunakan Ulang

spotify jualan tiket konser.
spotify jualan tiket konser.

Selular.ID – Jangan asal pakai lagu di aplikasi streaming music salah satunya Spotify, kenali terlebih dahulu mengenai hak cipta dari lagu yang ingin digunakan tersebut.

Aplikasi streaming musik telah sepenuhnya mengubah cara kita mengonsumsi musik. Saat ini, Anda tidak perlu mengunduh musik atau lagu di perangkat Android Anda untuk mendengarkannya secara offline.

Salah satunya Spotify, anda dapat berlangganan Spotify Premium dan mengunduh musik untuk pemutaran offline. Spotify bukan satu-satunya aplikasi streaming musik dengan fitur pemutaran offline.

Sebagian besar aplikasi streaming musik saat ini mendukung pengunduhan musik. Namun, dirasa Spotify adalah yang terbaik dan menawarkan lagu dengan kualitas audio yang lebih baik.

Baca juga : Spotify Mendesain Ulang Pada Tampilan Menu Interfacenya

Karena di Spotify banyak jutaan lagu yang disajikan, terkadang Anda mungkin ingin mengunduh musik untuk penggunaan pribadi.

Mungkin Anda tertarik menggunakan lagu Spotify tertentu dalam video atau streaming di Discord, Twitch, atau yang lagi booming saat ini TikTok.

Namun, Spotify memiliki musik berhak cipta dan non-hak cipta, dan Anda harus memeriksa ulang sebelum menggunakan lagu di platform apa pun untuk menghindari masalah hukum.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan cara termudah untuk mengetahui apakah suatu lagu memiliki hak cipta atau tidak di Spotify. Mari kita mulai.

Cara yang pertama anda bisa lihat dari web browser mengenai lagu yang ingin anda pakai, karena Spotify tidak memberikan opsi langsung untuk memeriksa hak cipta lagu.

Dan biasanya pada pencaharian web browser itu, penjelasan tentang hak cipta lagu bisa dijelaskan secara rinci, seperti menampilkan nama penyanyi, penulis lagu, produser lagu, dan kemungkinan hal itu memiliki hak cipta dan anda harus izin sebelum menggunakannya.

Pada aplikasi Spotify mobile pun bisa anda deteksi terlebih dahulu dengan memeriksa credit dari lagu tersebut.

Caranya jika anda sedang mendengarkan lagu yang ingin anda gunakan, anda tinggal pilih titik tiga yang berada di samping judul lagu.

Lalu anda pilih menu Show Credits, setelah itu anda bisa melihat deskripsi dari lagu yang ingin anda gunakan.

Baca juga : Spotify Pisahkan Tombol Play dan Shuffle untuk Pelanggan Premium