Fitur Google Maps Baru Beri Tahu Saat Teman Tiba di Lokasi

Cara pantau ganjil genap di Google Maps
Cara pantau ganjil genap di Google Maps

Selular.ID – Aplikasi Google Maps memiliki fitur berbagi lokasi baru. Fitur ini akan mengingatkan Anda tentang keberadaan teman yang sudah berbagi lokasi dengan Anda.

Fitur ini bisa berguna jika Anda membawa seorang remaja ke luar kota atau jika Anda ingin memberi tahu teman bahwa Anda telah tiba di tempat pertemuan.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan peringatan di Google Maps saat teman tiba atau meninggalkan lokasi?

Setelah fitur baru tersedia di aplikasi Google Maps di iPhone atau Android Anda, pilih ikon profil Anda ketuk Location Sharing. Pilih orang yang ingin Anda minta pemberitahuan lokasinya dari daftar.

Baca juga: Google Maps Kini Miliki Tampilan Udara Seperti Flyover

Perhatikan bahwa mereka sudah berbagi lokasi dengan Anda. Selanjutnya, pilih Add untuk menambahkan alamat untuk mendapatkan pembaruan dari teman Anda.

Selanjutnya Anda akan memilih lokasi yang ditentukan, serta kapan harus diberi tahu (tiba atau pergi) lalu ketuk Save.

Orang yang Anda minta pemberitahuan lokasinya akan mendapat peringatan bahwa Anda telah menambahkan lokasi.

Setelah orang itu pergi atau tiba di tempat yang ditentukan, Anda akan diberi tahu. Misalnya, jika teman Anda telah tiba untuk menemui Anda di perkemahan, Anda akan diberi tahu dan dapat mencarinya.

Orang tersebut juga akan menerima beberapa pengingat untuk memberi tahu mereka bahwa mereka membagikan pemberitahuan lokasi mereka, termasuk pemberitahuan push di aplikasi Maps dan email.

Baca juga: Google Tunda Penghapusan Cookie dari Chrome Sampai 2024

Dapatkah fitur Maps ini dimatikan jika seorang teman meminta untuk melihat ketika saya tiba atau pergi?

Mulailah dengan mengeklik notifikasi di layar kunci ponsel Anda. Selanjutnya, matikan sakelar untuk Allow recipients untuk menambahkan pemberitahuan. Ketuk Turn off untuk mengonfirmasi.

Anda juga dapat memblokir seseorang dari pengaturan pemberitahuan sama sekali. Setelah Anda melakukan ini, orang tersebut tidak lagi dapat menambahkan pemberitahuan untuk mengetahui kapan Anda tiba atau meninggalkan lokasi tertentu.

Kapan fitur berbagi lokasi Google Maps dapat mulai digunakan?

Mulai Rabu (27/7/2022), pembaruan fitur berbagi lokasi Google Maps diluncurkan ke pengguna Android dan iOS.

Jika Anda belum bisa melihatnya, periksa untuk memastikan Anda memiliki aplikasi versi terbaru. Mungkin perlu waktu beberapa waktu sebelum Anda melihat fitur baru tersebut.