Daftar Situs dan Aplikasi yang Kominfo Blokir, Publik Masih Bisa Akses

Ilustrasi situs dan aplikasi yang Kominfo blokir.
Ilustrasi situs dan aplikasi yang Kominfo blokir.

Selular.ID – Simak daftar situs dan aplikasi yang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) blokir.

Kominfo menepati janjinya untuk memblokir platform digital yang tidak melakukan pendaftaran dan mematuhi aturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Pemblokiran platform digital yang tidak melakukan pendaftaran hingga tenggat akhir Kominfo lakukan mulai Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB.

Pantauan Selular.ID, terdapat delapan situs layanan internet, aplikasi game, dan platform distribusi game yang telah Kominfo blokir.

TONTON JUGA:

Berikut daftar situs dan aplikasi yang Kominfo blokir:

  • Yahoo PayPal -> blokir Kominfo buka sementara supaya pengguna pindahkan saldo
  • Epic Games (platform distribusi game)
  • Steam (platform distribusi game)
  • Dota (game)
  • Counter Strike (game)
  • Origin (EA)

Ketujuh platform digital tersebut mulai Kominfo blokir karena belum juga mendaftarkan diri ke Kominfo setelah mendapat surat teguran.

Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dalam kebijakan PSE Kominfo itu, bila tak segera mendaftar sesuai tenggat yang mereka tentukan, PSE Lingkup Privat tesebut Kominfo sebut ilegal dan akses layanannya terblokir di Indonesia.

Baca juga: Para Pemenang Selular Award 2022 Kategori Aplikasi, Favorit Kalian Jadi Juarakah?

Kominfo Layanan keuangan PayPal sebenarnya sudah melakukan pendaftaran dan sudah tercatat pada halaman PSE Kominfo (pse.kominfo.go.id).

Namun, PayPal terpantau tidak bisa publik akses karena terblokir dan malah tercatat sebagai situs terlarang pada situs Trust Positif Kominfo.

PayPal sepertinya baru mendaftarkan diri pada Jumat malam, setelah Kominfo menetapkan layanan tersebut sebagai salah satu PSE yang belum mendaftar.

Pemblokiran belum merata

Baca juga: Steam Mulai Hari Ini di Blokir Kominfo ? Simak Penjelasannya