Ada 78% Generasi Muda Tak Paham Investasi, Apa Faktornya?

investasi

Selular.ID – Terungkap hal yang kontra ditengah meningkatnya minat investasi, namun ternyata masih ada 78% generasi muda yang tidak paham produk investasi.

Ukuran generasi muda yang dimaksud ada pada jarak umur dari Usia 25 hingga 35 tahun. Berdasarkan wilayah di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar.

Hasil laporan “Financial Fitness Index 2022,” kualitas investasi anak muda menunjukan hasil positif karena 9% berinvestasi seperti, reksadana, saham dan tabungan berjangka.

Baca Juga: OCBC NISP Butuh Startup Untuk Kelancaran Transformasi Digital

Ditambah, 17% yang sudah memiliki pendapatan pasif, 8% yang menggunakan uang sesuai anggaran.

Tapi sayangnya, hanya 22% yang benar-benar paham mengenai produk investasi yang mereka miliki.

Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NielsenIQ Indonesia, menjelaskan bahwa minat terhadap produk investasi tidak diimbangi dengan pemahaman produk.

“anak muda yang memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, cryptocurrency, bertambah menjadi 9% di tahun ini, namun sayangnya secara umum, 78% menyatakan mereka tidak sepenuhnya memahami resiko dan manfaat dari produk investasi.” ungkap Inggit.

Inggit melihat bahwa anak muda berinvestasi dikarenakan tren saat ini, dan berharap mendapatkan untung yang cepat.

“Mereka cenderung berinvestasi karena mengikuti tren di masyarakat dan menganggap investasi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar.” tambah Inggit.

Baca Juga: 15 Aplikasi Investasi Saham dan Reksa Dana yang Aman dan Terdaftar di OJK