Tokopedia Ungkap 5 Kategori Paling di Cari Pada Q-2 2022

Tokopedia
Tokopedia

Selular.ID – Tokopedia sebagai salah satu E-commerce besar di Indonesia, mengungkap data lima kategori yang paling dicari selama kuartal dua 2022.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyebut 5 kategori yang kebanyakan untuk keperluan sehari-hari.

“Tokopedia mencatat Kesehatan, Makanan dan Minuman (Makmin), Rumah Tangga, Perawatan Tubuh dan Otomotif menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat Indonesia pada kuartal II 2022,” ungkap Ekhel

Dalam data tersebut, terdapat berbagai rincian paling laris dari lima kategori yang paling dicari oleh pengguna Tokopedia.

Pertama kategori kesehatan, produk paling laris terdiri dari tisu, masker kesehatan, dan obat herbal.

Baca Juga: Hari Keluarga Nasional, Peralatan Rumah Tangga Laris Manis di Tokopedia

Kemudian Makanan-Minuman (Makmin), ada buah-buahan, susu bubuk, serta minyak goreng adalah beberapa produk yang paling laku.

Lanjut pada kategori Rumah Tangga, produk benih bibit tanaman, seprai dan bed cover serta gantungan baju menjadi beberapa produk paling dicari.

Sedangkan di kategori Perawatan Tubuh, parfum dan cologne, body lotion, vitamin dan serum rambut menjadi beberapa produk yang banyak diburu masyarakat.

Terakhir, produk lampu motor dan mobil, aksesori body motor, serta radiator dan komponen mobil merupakan beberapa produk paling laris di kategori Otomotif.

Baca Juga: Gelar Lagawi Fest, Tokopedia Sebut Transaksi Produk UKM Lampung Naik 2,5 Persen

Ekhel juga menambahkan bahwa Tokopedia mencatat telah sukses melakukan pengiriman terjauh dari Karawang ke Ternate.

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal.

Dengan mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional dan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal II 2022 dibandingkan periode yang sama di 2021:

  • Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi: Manado, Balikpapan dan Denpasar.
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Padang, Palu dan Brebes.
  • Wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi paling tinggi: Balikpapan, Palu dan Manado.

“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.