Tips Memotret Objek Mikro Menggunakan Smartphone

Tips Memotret Objek Mikro Menggunakan Smartphone
Tips Memotret Objek Mikro Menggunakan Smartphone

Selular.ID – Memotret objek mikro atau foto lebih kecil yang dapat dibidik dengan menggunakan smartphone merupakan suatu hal baru. Memotret benda-benda kecil semisal butiran gula, biji-bijian, embun di pagi hari, serangga, kumbang, lebah merupakan objek-objek foto yang layak dijadikan objek foto mikro.

Berbeda dengan fotografi makro yang menampilkan sebuah objek kecil agar terlihat besar 1:1, pada fotografi mikro difokuskan untuk mengabadikan objek dengan perbesaran 20:1 ke atas.

Fotografi mikro banyak digunakan oleh para ilmuwan untuk mengabadikan objek mikroskopik dengan bantuan kamera dan mikroskop, untuk kebutuhan ilmiah.

Saat ini memotret mikro bisa menggunakan smartphone, tetapi tentunya fitur kamera pada smartphone itu harus mendukung memotret objek mikro.

Baca Juga: Fitur Breathing Light pada OPPO Reno7 Z 5G

Salah satunya adalah Oppo Reno7, smartphone ini sudah dilengkapi dengan kamera Microlens dengan kemampuan untuk menangkap objek mikro.

Jika mengacu ke istilah Microlens, maka diartikan sebagai sebuah mikrolensa atau lensa kecil, yang umumnya memiliki diameter kurang dari satu milimeter dan seringkali sekecil 10 mikrometer.

Tips Memotret Objek Mikro Menggunakan Smartphone
Tips Memotret Objek Mikro Menggunakan Smartphone

Dengan menggunakan smartphone ini, penggguna dapat menjelajahi dunia mikro untuk menangkap detail yang unik.

Melalui kamera Microlens 2MP di Reno7, pengguna dapat memperbesar objek super kecil yang biasanya hanya bisa ditangkap dengan alat mikroskop, dengan perbesaran 15X hingga 30x.

Kini, perbesaran 30x dari sebuah objek bisa ditangkap dengan menggunakan smartphone seperti Reno7 dengan hasil hampir sama seperti terlihat di mikroskop.

Untuk memotret, cukup membuka aplikasi Camera lalu arahkan ke More>Microscope. Arahkan kamera ke objek dalam jarak yang cukup dekat atau hampir menempel, lalu atur fokus ke bagian tertentu dari objek yang ingin ditonjolkan.

Orbit Light atau lampu LED di sekitar kamera Microlens akan menyala saat memotret objek mikro bukan makro.

Kamera Microlens memiliki jarak fokus yang sangat rendah sekitar 3mm sehingga lensa membutuhkan bantuan cahaya lampu Orbit Light yang dirancang khusus.

Lampu ini membantu kamera agar tetap dapat menangkap gambar dengan terang, merata, memiliki keseimbangan warna akurat, dan perspektif menakjubkan.

Orbit Light tidak menggunakan lampu LED konvensional. Biasanya modul flash standar memiliki pancaran cahaya terlalu besar dan terang sehingga dikhawatirkan justru menghasilkan exposure tidak merata pada objek mikro.

Lampu Orbit Light ini juga hasil turunan dari ring light di seri Find X3 Pro yang mampu memanipulasi dan menyesuaikan kisaran suhu warna pada Microlens.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur DNS Pribadi pada OPPO Reno7 Z 5G

Berbekal perangkat Oppo Reno7, kamu bisa menghasilkan foto-foto unik seperti tampilan serat kain, tekstur buah-buahan, penampang daun, permukaan kulit, atau pola permukaan sebuah benda, bahkan serangga mikro sekalipun.

Teknologi Microlens sebelumnya telah diaplikasikan Oppo di seri flagship Find X3 Pro dan kini diturunkan ke seri Reno.