Lebih Praktis dari OTP, Telkomsel Perkenalkan Solusi Keamanan Digital TAP MNV

Lebih Praktis dari OTP, Telkomsel Perkenalkan Solusi Keamanan Digital TAP MNV

Selular.ID – One Time Password atau OTP telah menjadi solusi keamanan paling komprehensif bagi pelanggan telekomunikasi yang mengakses layanan digital.

Kendati demikian, masih saja ada pelanggan yang terkena penipuan atau scam gara-gara OTP.

Berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat di sepanjang tahun 2021 telah terjadi 1,6 miliar serangan siber di Indonesia yang meliputi peretasan, phishing, scam dan lain sebagainya.

Mengingat besarnya potensi kejahatan siber di berbagai sektor industri digital, Telkomsel Enterprise menghadirkan solusi keamanan berbasis Mobile Network Verification (MNV).

Dinamakan Telkomsel Authentication Protection (TAP-MNV), ditujukan untuk membantu meningkatkan keamanan data informasi digital pelanggan di segmen korporasi (enterprise).

“TAP-MNV lebih mudah dan praktis dibandingkan OTP,” ujar Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo pada acara peluncuran TAP-MNV di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Cara Melaporkan hingga Memulihkan Akun WhatsApp yang Diretas

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo pada acara peluncuran TAP-MNV di Jakarta, Selasa (28/6/2022)
Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo pada acara peluncuran TAP-MNV di Jakarta, Selasa (28/6/2022)

Solusi keamanan digital TAP-MNV memungkinkan pengguna melakukan otentikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon (MSISDN) dengan memanfaatkan jaringan operator selular secara real-time.

Sistem TAP-MNV akan melakukan validasi URL tersebut hanya diketahui oleh device atau merchant dan TAP-MNV sehingga menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik.

Validasi URL juga tidak terbatas hanya pada jaringan Telkomsel saja, tapi bisa dilakukan walaupun pengguna menggunakan Wi-Fi atau bahkan operator selain telkomsel.

Teknologi tersebut merupakan bentuk otentikasi implisit oleh jaringan operator dan menghapus sistem verifikasi dua langkah yang selama ini masih berisiko diretas dan cukup menyita waktu.

Baca Juga: Ini Kata Pakar Jika Simpan Password di Google Chrome

Lebih Praktis dari OTP, Telkomsel Perkenalkan Solusi Keamanan Digital TAP MNV

“Melalui solusi keamanan digital TAP-MNV, Telkomsel berupaya untuk membangun metode pengamanan yang lebih baik dibandingkan metode One Time Password (OTP) yang saat ini banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia,” tutur Hanang.

“Layanan TAP-MNV hadir untuk menjawab kebutuhan keamanan data informasi digital yang telah menjadi prioritas bisnis bagi pelanggan enterprise seiring dengan masifnya penyebaran dan kompleksitas data informasi digital pada operasional bisnisnya,” imbuhnya.

TAP-MNV memiliki 3 fitur unggulan yang dapat memberikan keamanan secara komprehensif.

Pertama seamless authentication, dimana proses otentikasi tidak melibatkan pengguna sama sekali.

Kedua secure authentication, tidak ada informasi keamanan yang diterima pengguna, sehingga menghilangkan kemungkinan pihak ketiga mengakses pada perangkat lain.

Ketiga, easier to develop, tidak memerlukan banyak resource untuk pengembangannya karena proses otentikasi terjadi melalui carrier network.

Dengan semua keunggulan tersebut, solusi keamanan digital TAP-MNV akan semakin meningkatkan kepercayaan dan pengalaman pelanggannya, karena proses otentikasi dilakukan dengan cepat, serta dapat mengurangi resiko pencurian data atau pengambilalihan akun.

Baca Juga: Ramaikan Pembayaran Digital Nasional, AstraPay Melenggang di Indonesia

Dalam momen peluncuran solusi layanan ini, keunggulan teknologi keamanan digital yang dihadirkan TAP-MNV akan segera diimplementasikan oleh PT Benefit Vantage Limited sebagai perusahaan konsultan IT yang telah menjalin kolaborasi dengan Telkomsel.

Melalui kolaborasi ini, Benevit Vantage Limited akan memanfaatan solusi digital MNV untuk meningkatkan keamanan data informasi digital di operasional bisnisnya, sehingga perusahaan dapat lebih mengoptimalkan dan fokus pada pengembangan bisnis ke depannya.