iPhone 15 Menjadi Model Terakhir Menggunakan Lightning Port

iPhone 15 Menjadi Model Terakhir Menggunakan Lightning Port
iPhone 15 Menjadi Model Terakhir Menggunakan Lightning Port

Selular.ID –Diantara berbagai model dalam jajaran iPhone 15, seri Pro akan menggunakan port USB-C. Sedangkan iPhone 15 akan tetap menggunakan port Lightning, dan bakal menjadi model terakhir yang menggunakan lightning port.

Dan iPhone 16 akan menggunakan port USB-C. Seperti yang diketahui, baru-baru ini, Uni Eropa secara resmi mengumumkan  aturan standarisasi port USB Type-C.

Jelasnya pada akhir 2024, semua smartphone termasuk iPhone harus mendukung pengisian daya melalui USB-C.

Terkait hal ini, pelapor @LeaksApplePro mengatakan bahwa Apple akan mencoba menggunakan port USB-C pada iPhone 15 series.

Selain itu, iPhone 16 Pro akan beralih ke konsep port USB-C atau tanpa port. Jadi ternyata, dengan iPhone 16, antarmuka Lightning akan dihentikan.

Baca Juga:Apple Bakal Buang Port Lightning di iPhone 15 Ganti Dengan USB

Analis Apple lainnya, Mark Gurman dari Bloomberg mengkonfirmasi bahwa Apple sedang menguji mesin USB-C baru. Seperti yang dia katakan, Apple sedang menguji iPhone dengan antarmuka Type-C.

Itu karena menghadapi undang-undang UE untuk memaksa penggunaan antarmuka USB-C. Namun dia juga mengklaim bahwa perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tidak akan beralih ke USB-C sebelum tahun 2023.

Perjanjian baru ini menyentuh banyak perangkat digital, seperti ponsel, tablet, e-reader, earbud, kamera digital, headphone dan headset, konsol videogame genggam, dan speaker portabel yang dapat diisi ulang melalui kabel kabel, keyboard, mouse komputer, dan perangkat navigasi portabel. .

Sebelumnya Analis Apple, Ming-Chi Kuo menyebutkan bahwa Apple bakal membuang port Lightning iPhone dan mengantinya dengan USB.

Kuo mengatakan kalau survei rantai pasokan terbaru menunjukkan bahwa Apple akan membuang Lightning demi USB-C pada tahun 2023. Port USB-C baru Apple ini akan meningkatkan kecepatan transfer pada iPhone dan mempercepat pengisian daya baterai.

Apple sendiri pertama kali menggunakan port Lightning sejak kehadiran iPhone 5 yang tetap berlanjut hingga iPhone 13 tahun ini.

Padahal banyak brand smartphone yang sudah menerapkan port USB-C di ponsel buatannya.

Perpindahan ke USB-C akan memudahkan alur kerja tersebut, juga mendukung aksesori USB-C lebih banyak.

Baca Juga:Apple Membawa Teknologi Face ID Samsung Untuk iPhone 15 Pro

Seri iPhone selalu memiliki port Lightning sendiri, membuat pengguna iPhone membawa kabel terpisah untuk mengisi daya ponsel.