Tren Belanja di Tokopedia Jelang Lebaran 2022, Penjualan Set Top Box Meningkat

Tren Belanja di Tokopedia Jelang Lebaran 2022, Penjualan Set Top Box Meningkat
Tren Belanja di Tokopedia Jelang Lebaran 2022, Penjualan Set Top Box Meningkat

Selular.ID – Penjualan produk elektronik menjadi salah satu produk yang penjualannya meningkat jelang Ramadan 2022. Peningkatan penjualan produk elektronik, di dorong penjualan set top box akhir-akhir ini.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementeriaan Komunikasi dan Informartika, (Kominfo) melaksanakan penutupan siaran televisi analog, atau analog switch off (ASO). Untuk ASO tahap pertama, yang berlangsung pada 30 April 2022.

Seiring dengan penyetopan siaran TV analog membuat keberadaan set top box mulai dicari pembeli, tak terkecuali pembelian set top box secara online pun mulai terlihat.

Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia menuturkan untuk mengetahui data peningkatan penjualan set top box, dikatakan Ekhel, memang belum memiliki datanya.

Baca Juga: Layanan Pengiriman Tokopedia Lebih Baik Dari E-commerce lain?

Namun dikatakan Ekhel, set top box merupakan produk yang berada di kategori produk elektronik, dan produk elektonik adalah kategori yang penjualannya meningkat.

“Datanya memang kami belum ada, tapi produk elektronik adalah produk yang penjualannya meningkat,”ujar Ekhel, di Jakarta (26/04/22).

Dengan melihat kebutuhan set top box yang meningkat, Ekhel memastikan bahwa persediaan terkait produk di Tokopedia dipastkikan aman.

Seperti diketahui, masyarakat tidak harus beli TV baru, karena TV yang lama, walaupun belum digital, bisa langsung beralih ke digital lewat set top box (STB). STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampikan di TV analog biasa

STB sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2), dan STB tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital.

Dan mengenai penjualan selama Ramadan, selain produk elektronik yang meningkat, menurut Ekhel, Makanan dan minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, dan perawatan diri menjadi kategori paling laris selama periode kampanye (data 25 Maret-20 April 2022) dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif bagi masyarakat Indonesia termasuk UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia.

Salah satunya Tokopedia Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar dari Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.

Baca Juga: Cara Tokopedia Supaya Produk Para Merchant di Lapaknya Laku

Tak ketinggalan Tokopedia Now!, layanan 24 jam dalam 7 hari yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian (sembako, daging, sayur, buah dan sebagainya) dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

“Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” tambah Ekhel.