Senin, 15 Juli 2024
Selular.ID -

Kominfo Sentil LPS Kalau ASO Tidak Berjalan Baik

BACA JUGA

Selular.ID – Analog Switch Off atau ASO kini sudah masuk kedalam 3 bulan setelah peresmiannya, Kominfo sudah menjalankan kini LPS memegang bola.

Maksudnya ialah sejauh ini Kominfo sudah berjalan dengan sudah mendistribusikan 1 Juta perangkat Set Top Box kepada masyarakat miskin.

Sebuah perangkat yang sangat berharga karena menjadi salah satu ukuran untuk menonton siaran televisi digital dan menjadi tolak ukur juga apabila pendistribusian nya telah berjalan benar.

Pemerintah sudah support distribusi STB kepada rakyat miskinnya dan terlaksana secara baik.

Artinya dengan catatan sebagian besar 80% – 90% sudah terdistribusi ke masyarakat miskin menerima STB gratis. Kata Usman Kansong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, dalam acara konferensi pers di kantor Kominfo.

Baca juga : 3 Bulan Berlalu, Set Top Box Masih Laku?

Untuk selanjutnya penghentian ASO itu akan terjadi di 3 wilayah yakni Bali, Kalimantan Selatan 1, dan Sumatera Selatan 1.

Dan itu kabarnya akan mulai terjadi di tanggal 20 Maret 2023 serta akan menjadi wewenang yakni Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).

LPS ini terdiri dari Media Group, Surya Citra Media (SCM), Transmedia Group, Media Nusantara Citra (MNC), dan Rajawali Televisi (RTV).

Dan meskipun bola sekarang sedang berada ditangan LPS bukan berarti Pemerintah disini Kominfo lepas tangan.

Pemerintah akan tetap memantau pelaksanaan tersebut serta mengawasi pendistribusian Set Top Box yang dilakukan LPS di 3 wilayah tersebut ini sudah baik atau belum.

Menurut Usman, Kalau tidak terdistribusi dengan baik, Kominfo akan memberikan catatan.

“Seperti kemarin sempat juga mau menjalankan ASO di bulan Januari, tapi kominfo tidak izinkan karena distribusi Set Top Box nya masih dibawah 10% bahkan kemarin hanya 5,6% jadi terus kita pantau.” Kata Usman.

Tapi saat ini Kominfo melihat ada perkembangan dan ada peningkatan yang bagus dalam distribusi set top box kepada rakyat miskin.

Dan apakah perkembangan yang baik itu akan tetap stabil sampai nanti menjelang 20 Maret 2023 ASO selanjutnya dilaksanakan.

“Kalau kita lihat komitmen dari LPS itu sudah bagus untuk menjalankan ASO di tiga wilayah itu.” Tutup Usman.

Baca juga : Kominfo Serasa Kerja Sendiri Dalam Penyelenggaraan ASO, Kenapa?

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU