3 Bulan Berlalu, Set Top Box Masih Laku?

Harga STB di pasaran.

Selular.ID – Sudah hampir kurang lebih 3 bulan berselang setelah dimatikannya siaran TV Analog ke siaran TV Digital apakah penjualan Set Top Box masih laku di pasaran?

Diawal kemunculannya, Set Top Box menjadi barang yang amat sangat berharga bagi sebagian lapisan masyarakat di Indonesia.

Pasalnya Kementerian Kominfo awal November 2022 lalu mengumumkan telah menyuntik mati siaran TV Analog untuk bermigrasi kesiaran TV Digital.

Semua orang mencari perangkat Set Top Box (STB) untuk menjadi alat bantu mendapatkan siaran TV Digital yang lebih jernih.

Lalu setelah hampir 3 bulan ini, kabarnya penjualan Set Top Box masih menjadi barang yang laris manis di market place.

Yakni di Tokopedia melaporkan bahwa tren belanja di bulan Januari 2023 kemarin penjualan Set Top Box (STB) lah yang paling laku keras.

Hal ini disampaikan oleh Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya yang menjelaskan ‚ÄúProduk paling laris di kategori Elektronik Tokopedia, yaitu set top box (STB) tv digital, lampu LED dan mouse nirkabel.”

Baca juga : Tren Belanja di Tokopedia: Mie Instan & Alat Kecantikan Laris Manis

Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi mencakup Kabupaten Asmat (Papua), Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Mappi (Papua Selatan), Manggarai Timur (Nusa Tenggara Timur) dan Konawe Utara (Sulawesi Tenggara).

Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi, antara lain Kabupaten Maluku Barat Daya (Maluku), Malaka (Nusa Tenggara Timur), Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Kepulauan Yapen (Papua) dan Pulau Morotai (Maluku Utara)

Selain itu, wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, yaitu Kabupaten Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Kepulauan Yapen (Papua), Kepulauan Aru (Maluku), Mappi (Papua Selatan) dan Sabu Raijua (Nusa Tenggara Timur).

Mengingat data ini bukan hanya saja berasal dari minat pembeli perangkat Set Top Box saja, namun juga ada dari kategori produk kecantikan, fesyen, kesehatan, dan juga perabotan rumah tangga.

Namun meskipun begitu, pantas saja Set Top Box ini masih menjadi banyak incaran dari masyarakat, pasalnya ada sebagian daerah yang masih belum di suntik mati.

Di Jawa saja berdasarkan hasil survej Nielsen Indonesia, tren positif penetrasi TV digital sejak Analog Switch Off (ASO) pada 2 November 2022 kini sudah mendekati angka normal di 90%.

Menjadikan masih ada yang belum terjamah mengenai hal ini, membawa juga perangkat Set Top Box akan terus laris hingga semuanya terselesaikan.

Baca juga : Kominfo Klaim 564 Siaran TV di Indonesia Sudah Digital, Bagaiman Kabar STB Gratis?