Layanan Pengiriman Tokopedia Lebih Baik Dari E-commerce lain?

Layanan Pengiriman Tokopedia Lebih Baik Dari E-commerce lain?
Layanan Pengiriman Tokopedia Lebih Baik Dari E-commerce lain?

Selular.ID – Ipsos, kembali mengumumkan hasil survei terbarunya mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce di Indonesia. Dari hasil survei yang didapat, layanan pengiriman Tokopedia dinilai lebih baik dari e-commerce lain.

Survei Ipsos juga menyebutkan bahwa layanan Tokopedia  terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara e-commerce lainnya.

Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen.

Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

Baca Juga: Super App Terbaik di Asia Tenggara, Ini Nomor Satu Berdasarkan Survei

Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia mengatakan, survei ini diadakan secara tatap muka, pada bulan Januari 2022, dengan melibatkan 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

“Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lainnya,” ujar Lioni.

ayanan Pengiriman Tokopedia Lebih Baik Dari E-commerce lain?
ayanan Pengiriman Tokopedia Lebih Baik Dari E-commerce lain?

Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman.

Ketiga hal tersebut sangatlah berkaitan satu sama lain dan penting bagi pengalaman berbelanja serta kepuasan konsumen.

Berikut hasil survei lebih lengkap pemain e-commerce di Indonesia:

Durasi pengiriman
Mayoritas responden (52%) mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45%), lalu Lazada 43%, OLX 40%, dan Bukalapak diurutan kelima sebesar 30%.

Variasi layanan pengiriman
Tokopedia unggul dibandingkan e-commerce lainnya. Sebanyak 33% responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28%, kemudian disusul Lazada (26%) di urutan ketiga, Blibli (25%) keempat, dan OLX (20%) kelima.

Fitur pelacakan/tracking
29% responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Pada urutan kedua, Shopee (18%), Lazada 16%, Bukalapak dan Blibli 11%.

Kualitas Produk
Kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen. Ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk yang ia beli, ia akan berpotensi beralih kepada pilihan toko online lainnya, bahkan mungkin e-commerce pesaing.

Baca Juga: Akhir Tahun Jadi Peluang Pemain E-commerce, Seperti Ini Persaingannya

Oleh karena itu, penting bagi platform e-commerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia.

Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen (74%) menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63%, lalu Bukalapak 50%, dan OLX 40%.