Akhir Tahun Jadi Peluang Pemain E-commerce, Seperti Ini Persaingannya

Pikat Pembeli Dengan Program Tukar Tambah Gadget
Pikat Pembeli Dengan Program Tukar Tambah Gadget

Selular.ID –Kemeriahan akhir tahun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan dan mendapatkan keuntungan maksimal dari promosi yang ditawarkan.Ipsos, perusahaan riset pasar atau market research global, yang ada di Indonesia, merilis hasil riset terbaru terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021.

Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia menjelaskan, berdasarkan hasil survei, di antara 3 pemain utama e-commerce di Indonesia, Tokopedia, Shopee, dan Lazada, diketahui bahwa Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Adapun indikator yang digunakan adalah sebagai berkut:
Dalam survey Ipos, Indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often (BUMO). Berdasarkan indicator BUMO ini, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%), dan Lazada (13%).

Baca Juga: Laporan: Tokopedia E-Commerce Paling Memuaskan

Kemudian di indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama dengan presentase 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%), dan Lazada (12%).

Kemeriahan Akhir Tahun Jadi Peluang Pemain E-commerce, Seperti Ini Persaingannya
Kemeriahan Akhir Tahun Jadi Peluang Pemain E-commerce, Seperti Ini Persaingannya

“Artinya Shopee adalah merek atau platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia,”kata Andi.

Untuk indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee juga berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 41%, diikuti dengan Tokopedia (34%), dan Lazada (16%).

Dan indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 40%. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (30%) dan Lazada (16%).

Baca Juga: Cara ‘Multi Channel Reservation’ Bisa Pesan Taksi Lewat E-Commerce

Halaman Selanjutnya

Akses Penggunaan E-commerce