Oppo Manfaatkan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Memperingati Hari Bumi

Oppo Find X5 Pro Jadi Ponsel Pertama Kebagian Android 13 Beta 1
Oppo Find X5 Pro Jadi Ponsel Pertama Kebagian Android 13 Beta 1

Selular.ID – Untuk mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam kemasan perangkat, Oppo telah menerapkan prinsip kemasan hijau “3R+1D” yang telah diakui secara internasional. Seperti diketahui setiap tanggal 22 April, masyarakat dunia memperingati Hari Bumi untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya melindungi lingkungan dan planet ini.

Melalui pendekatan ini, Oppo telah berhasil mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam pengemasan di Eropa hingga 95% sejak tahun 2019.

Oppo juga memanfaatkan bahan asam polilaktat yang dapat terurai untuk menggantikan penggunaan plastik konvensional.

Oppo berupaya memanfaatkan teknologi menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk planet bumi, mulai dari penerapan sistem operasional dan desain produk ramah lingkungan.

Baca Juga: Oppo A55s 5G Meluncur Dengan Dimensity 700, Ini Harganya

Oppo 5G CPE T2 yang diluncurkan tahun ini diproduksi menggunakan sebagian dari bahan PCR (Post-Consumer Recycled Plastics) yang berasal dari produk konsumen.

Tak hanya itu, untuk mengurangi penggunaan serat kayu, Oppo memanfaatkan berbagai bahan daur ulang. Misalnya di Eropa, kemasan untuk seri Oppo Find X5 terbuat dari sekitar 45% serat daur ulang.

Serat ini berasal dari kertas daur ulang atau sampah organik lainnya, seperti tebu dan bambu.

Sebagai contoh, peluncuran terbaru Oppo Find X5 series dilengkapi dengan Battery Health Engine yang dikembangkan secara mandiri oleh Oppo.

Oppo Manfaatkan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Memperingati Hari Bumi
Oppo Manfaatkan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Memperingati Hari Bumi

Battery Health Engine memungkinkan baterai smartphone untuk mempertahankan lebih dari 80% kapasitas aslinya setelah 1.600 siklus pengisian penuh yang memanfaatkan teknologi 80W SUPERVOOC flash charge dari Oppo.

Kapasitas ini lebih dari dua kali rata-rata dibandingkan dengan yang ada di industri dan memastikan bahwa setiap baterai dapat digunakan lebih lama dan tidak dibuang.

Hingga saat ini, Oppo telah menyediakan program daur ulang dan menawarkan layanan Tukar Tambah di berbagai negara.

Baca Juga: Hari Ini Oppo A96 Mulai Dijual Resmi, Berikut Sejumlah Keuntungannya

Di China, Oppo telah menerima lebih dari 1,2 juta ponsel second melalui program daur ulang ini pada tahun 2021. Jumlah ini diperkirakan setara dengan lebih dari 216 ton sampah elektronik.

Oppo juga telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan lain dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk mendorong insiatif daur ulang limbah elektronik.

Di Eropa, Di Australia, Oppo telah bekerja sama dengan Taronga Conservation Society guna mengajak masyarakat untuk mendaur ulang limbah elektronik dengan benar dan mengurangi jumlah limbah elektronik yang berakhir dibuang.

Di Italia, Oppo bermitra dengan LSM dalam negeri bernama Free Plastic Odv Onlus untuk mengadakan kegiatan pengumpulan sampah plastik di lima kota pada tahun 2021.

Dibantu oleh lebih dari 1.000 sukarelawan, lebih dari 10 ton sampah plastik telah didaur ulang melalui program tersebut.

Baca Juga: Oppo A55s 5G Meluncur Dengan Dimensity 700, Ini Harganya

Di Australia, Oppo juga telah bermitra dengan Reef Restoration Foundation (RRF) melalui aplikasi AR untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai krisis lingkungan yang terjadi di Great Barrier Reef,  dan mengajak masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan.

Pada tahun 2021, Oppo juga telah menyumbangkan dana lebih dari $52.000 untuk membantu RRF memproduksi 1.000.000 karang baru di Great Barrier Reef pada tahun 2026.