Kilas Balik iOS 4 Hadir Pertama Kali dengan Fitur Multitasking Hingga FaceTime

iPhone 4 dengan iOS 4 ( Istimewa)

Selular.ID – iOS 4 sistem operasi dari Apple, yang bertugas mendukung perangkat keras dari iPhone 4. Menjadi OS pertama yang hadirkan fitur multitasking hingga FaceTime.

iPhone hadir pada 2010, memiliki retina Display baru, kamera yang ditingkatkan, gabungan kaca dan logam dan sebagainya.

Didukung dengan perangkat lunak terbaru, dengan peran sama pentingnya dengan perangkat keras, seperti panggilan video FaceTime dengan kamera depan pertama Apple.

Faktanya tersebut menjadi sebuah pembuktian bahwa iOS 4 merupakan salah satu software terpenting yang rilis untuk platform tersebut.

Baca Juga: Ingin Beli iPhone Baru, Ini Cara Mengecek Palsu dan Asli

Tadinya iOS memiliki nama iPhone OS Namun, beberapa bulan setelah iPhone asli, Apple meluncurkan iPod. Kemudian pada tahun 2010 datang iPad. Jadi perangkat lunak itu diganti namanya menjadi iOS.

Mencakup semua iDevices yang didukungnya (Apple memutarnya kembali beberapa tahun yang lalu dan sekarang kami memiliki iPadOS, tvOS, dll.).

Selanjutnya ada fitur, multitasking yaitu perubahan terbesar pada platform sejak iPhone OS membawa app store.

Memang, cara iOS 4 melakukannya tidak benar-benar multitasking. Saat Anda beralih dari aplikasi, eksekusinya akan dijeda.

Baca Juga: Bocoran Desain iPhone 14 Series Ungkap Ukuran Bodi yang Digunakan

Status aplikasi akan disimpan sehingga dapat dipulihkan saat Anda kembali ke sana, namun, aplikasi tidak dapat melakukan apa pun di latar belakang.

Ada juga pengecualian, terhadap beberapa aplikasi yang diizinkan untuk melakukan beberapa tugas.

Misalnya, iPod (aplikasi pemutar musik asli) dan Pandora dapat terus diputar meskipun diperkecil. Aktivitas latar belakang lain yang diizinkan termasuk telepon Internet dan navigasi satelit.

Ini menawarkan aktifitas multitasking yang cukup meyakinkan banyak aplikasi hanya diam sambil menunggu input pengguna, yang tidak akan muncul jika aplikasi tidak ada di layar.

Namun, aplikasi seperti MobileNavigator Navigon dapat terus memberikan petunjuk arah mengemudi meskipun aplikasi tidak aktif.

Multitasking tersedia di iPhone 4 yang baru, ponsel Apple paling kuat dengan CPU Cortex-A8 1.0GHz (ARMv7) dan RAM 512MB.

Itu juga diaktifkan pada iPhone 3GS yang lebih lama (600MHz A8, 256MB RAM), tetapi tidak pada model yang lebih lama karena mereka menggunakan CPU ARMv6 dan hanya 128MB RAM.