Perang Rusia-Ukraina Manfaatkan Drone DJI

Rusia Drone DJI

Selular.ID – Drone DJI telah dimanfaatkan untuk menjadi ujung tombak perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung saat ini.

Baik dari pihak Rusia maupuk Ukraina, mereka sama-sama mengunakan drone DJI untuk memantau lawanya lebih dekat.

Meskipun DJI bersikeras bahwa drone-nya bukan lah diciptakan untuk tujuan militer.

Namun faktanya, drone besutan pabrikan teknologi China itu tetap menjadi alat yang paling dimanfaatkan dalam konflik yang sedang berlangsung saat ini, bahkan Angkatan Darat AS pun juga menggunakan drone DJI dalam beberapa hal, yang erat dengan kemiliteran.

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhalio Fedorov secara resmi meminta pembuat drone China, DJI untuk menghentikan dukungan perangkanya yang dimanfaatkan menjadi mesin perang dalam konflik ini.

Secara khusus, wakil PM tersebut mengatakan bahwa Rusia menggunakan produk DJI untuk menavigasi rudal mereka yang terus menargetkan warga sipil termasuk wanita dan anak-anak.

Baca Juga: Sudah Bisa dipesan, Ini Harga Drone DJI Mavic 3 di Indonesia

Fedorov menyuarakan keprihatinan tentang DJI AeroScope, yang merupakan alat pendeteksi drone dan Rusia menggunakannya untuk mendeteksi drone DJI Ukraina dari jarak hingga 30 mil.

Untuk meredam serangan drone tersebut, dalam surat Wakil PM kepada CEO DJI Frank Wang menyerukan DJI untuk menghadang drone di Ukraina, melalui cara memblokir perangkat yang tidak dibeli atau terdaftar di negara tersebut.

Ini menurut Mykhalio akan membantu membatasi serangan Rusia ke Ukraina melalui drone DJI.

Lebih lanjut, Ukraina meminta DJI memberikan informasi tambahan tentang semua pesawat tanpa awak DJI di negara tersebut.

Disamping itu ada juga beberapa kecurigaan, meskipun belum diverifikasi, bahwa DJI mungkin juga telah mengambil beberapa tindakan yang mencegah Ukraina untuk menggunakan drone-nya.

Baca Juga: Resmi Sambangi Pasar Indonesia, DJI Action 2 Sudah Dapat Dipesan  

Meskipun DJI bersikeras produknya tidak diproduksi untuk tujuan militer, disamping memang semakin banyak drone DJI digunakan untuk agenda militer, seperti contoh terbaru yang terlihat dalam perang saat ini.