TikTok Sedang Uji Coba Sistem Konten Berbayar Untuk Kreator

Tombol Dislike untuk Komentar Bakal Meluncur di TikTok
Tombol Dislike untuk Komentar Bakal Meluncur di TikTok

Selular.ID – Perusahaan aplikasi video streaming pendek ini, sedang melakukan berbagai inovasi terhadap platformnya, yang saat ini sedang melakukan uji coba menggunakan konten berbayar yang akan didapatkan oleh para kreator.

Mengutip dari PhoneArena, bahwa ada juru bicara TikTok mengatakan bahwa platdform yang dimiliki oleh bytedance ini sedang menguji langganan berbayar. Fitur baru ini akan memungkinkan pembuat TikTok untuk menagih pengikut untuk berlangganan konten mereka.

Perkembangan informasi terkait konten berbayar ini, hanya sampai disitu karena, juru bicara TikTok tidak memberikan informasi spesifik tentang pengujian dan bagaimana fitur baru ini dapat bekerja. ia juga tidak memberikan informasi apa pun tentang harga atau kemungkinan rencana berlangganan.

Baca Juga: Gandeng Najwa Shihab, TikTok Buat Kampanye Baru #SerunyadiTikTok

Saat ini, TikTok memiliki beberapa fitur monetisasi untuk memungkinkan kreatornya memiliki penghasilan dari karyanya. Yaitu dengan fitur seperti penggemar dapat mengirim uang ke pembuat konten melalui profil mereka, dan pemirsa dapat membeli hadiah virtual menggunakan aplikasi dan kemudian mengirimkannya ke pembuat konten, yang dapat mereka tukarkan dengan uang tunai.

Ada pernyataan kepada The Wall Street Journal, TikTok mengatakan, “Kami selalu memikirkan cara-cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok.”

Laporan ini hadir setelah  Instagram mengungkapkan bahwa mereka telah mulai menguji fitur berlangganan serupa. Seperti diberitakan sebelumnya, fitur berlangganan Instagram saat ini hanya tersedia untuk sepuluh pembuat konten, tetapi Instagram mengatakan bahwa jumlah ini akan meningkat seiring waktu.

Harga langganan Instagram dapat bervariasi dari $0,99 (Rp. 14 Ribu) hingga $99,99 (Rp. 1,4 Juta) per bulan, dan pembuat konten dapat memilih sendiri harga langganannya. Pelanggan akan memiliki akses ke Instagram Stories eksklusif serta Instagram Live, yang merupakan aliran video real-time.

Baca Juga: Begini Dominasi TikTok Pada 2021 Sebagai Aplikasi Terpopuler

Sebelumnya pada Desember 2021, ada laopran dari perusahaan riset preliminary mengungkapkan bahwa TikTok telah diunduh sebanyak 384,6 juta kali selama kurun waktu enam bulan pertama di 2021 ini.

Hal itu yang membuktikan bahwa TikTok telah mengalahkan jumlah unduhan media sosial raksasa dari keluarga META, yang terdiri dari Facebook, Instagram, WhatsApp, hingga Messenger.