Smartphone 5G Oppo, Realme dan Infinix Siap Gempur Pasar Indonesia di 2022, Begini Komitmennya

smartphone 5G

Selular.ID – Smartphone 5G tampaknya bakal membanjiri pasar ponsel Indonesia di 2022.

Komitmen itu pun secara tegas telah disampaikan, yang dimana dalam keteranganya yang diterima tim Selular, di 2022 sejumlah brand baik itu Oppo, Realme maupun Infinix bakal lebih banyak menggelontorkan smartphone yang mampu menangkap sinyal jaringan super cepat itu di Indonesia

Oppo

Oppo secara resmi menegaskan di 2022, strategi Oppo terutama pada produk akan lebih berfokus pada Smartphone 5G, terlebih Oppo merupakan pionir panggilan video dengan jaringan 5G pertama di Indonesia.

Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia, menyebut tahun depan akan banyak perangkat 5G yang menarik untuk dihadirkan tentunya dengan teknologi baru yang mebuatnya dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

Baca juga: Tecno Pova 5G Resmi, Pakai Dimensity 900 dan Baterai 6.000mAh

“Kedepan, di tahun 2022 kami menjadikan 5G sebagai landasan pengembangan strategi di Indonesia seiring komitmen pemerintah terhadap perkembangan layanan ini yang mulai terlihat semakin serius, apalagi didukung beberapa event berskala internasional seperti MotoGP 2022 dan KTT G20 yang akan jadi pembuktian jaringan 5G di Indonesia,” ujar

Kehadiran berbagai prosesor 5G baru membuat kompetisi pasar 5G semakin tinggi yang membawa keuntungan untuk memungkinkan produsen smartphone membuat harga perangkat 5G menjadi lebih terjangkau lagi.

Perkembangan jaringan 5G juga akan membuat peningkatan konsumsi perangkat – perangkat Internet of Things (IoT) di sisi masyarakat. Oppo akan lebih leluasa untuk memasarkan perangkat IoT yang lebih beragam seiring tumbuhnya jaringan 5G di Indonesia.

Adapun di 2021 Oppo  telah merilis sejumlah perangkat 5G yang terbilang dari sisi harga cukup bersaing, yakini perangkat 5G tersebut ialah Oppo A74 5G, Reno5 5G, Reno6 5G, Find X3 Pro 5G dan lain sebagainya.

Infinix

Target Infinix di 2022 terbilang cukup tegas yaitu ingin menjadi brand ponsel nomor wahid di pasar Indonesia. Target tersebut dirumuskan dalam strategi kongkrit, yaitu Infinix di tahun depan bakal merilis Smartphone 5G

Dijabarkan Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Mobile Indonesia pada program Bincang eksekutif yang digelar rutin oleh tim Selular, bahwa prangkat 5G pertama Infinix bakal meluncur di Indonesia.

“Smartphone 5G pertama Infinix bakal mulai meluncur mulai di kuartal pertama dan kedua 2021. “Kami juga tengah melalukan pembicaraan ke beberapa operator di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam ajang itu, Sergio sempat menyinggung flagship Zero series yang bakal menlucur di Indonesia dengan mengemas kemajuan teknologi yang lebih update. Dan tak menutup kemungkinan juga 5G bakal hadir melalui perangkat flagship tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone 5G 2021 Terbaik, Harga Mulai 3 Jutaan

“Flagship kita itu so far ada di Rp5 jutaan, dengan spesifikasi dan desain yang stylish jika dibandingkan dengan produk kompetitor itu jauh di bawah. Ini kita lakukan karena memang midset perusahaan, kita ingin kasih ‘masa depan’  sekarang, tanpa keraguan atau batasan yang ada misal finansial dan lain sebagainya. Kita akan selalu kasih full package dengan teknologi terkini dengan harga terjangkau,” tandas Sergio.

Realme

Dalam bicang santai bersama tim Selular, di 2022 Ralme bakal fokus pada perangkat 5G, Public Relations Manager Realme Indonesia Krisva Angnieszca menurutkan, 5G bakal menjadi fokus.

“R&D kita akan bertambah tidak lagi hanya ke satu negara, tapi akan ada beberapa ke beberapa lagi untuk pengembangan perangakt 5G, itu juga untuk menjawab keseluruhan ekosistem kita sesuai strategi produk 1+5+T di mana smartphone sebagai perangkat sentral (1), laptop, TV, jam tangan pintar, headphone nirkabel, dan speaker pintar masuk dalam kategori (5), dan T yang merupakan singkatan TechLife untuk menciptakan ekosistem yang seamless,” jelas

Smartphone 5G Realme yang dibandrol dengan harga kompetitif pun tergolong sangat laris di pasar Indonesia, terbukti ketersediaan Realme 8 5G yang bandrol hanya Rp3 jutaan itu sudah habis terjual. “Di 2022 Realme akan kembali menghadirkan perangkat 5G yang jauh lebih kompetitif,” tandasnya.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Utama Infinix Zero 5G Beredar

Sebagai catatan, Firma riset pasar TrendForce menyebut industri smartphone akan melanjutkan rebound karena ekonomi global kembali normal dan situasi pandemi perlahan terkendali.

Tingginya permintaan pasar negara berkembang dan siklus penggantian perangkat, diprediksi akan membawa penjualan smartphone menjadi 1,39 miliar unit pada tahun 2022 dengan pertumbuhan tahunan 3,8%. Hal yang menarik adalah 660 juta unit atau sekitar 47,5% diantaranya akan mendukung jaringan 5G.

Sedangkan di 2021, menurut firma riset IDC penjualan smartphone 5G di Indonesia meningkat dua kali lipat secara kuartal ke kuartal (QoQ). IDC memperkirakan smartphone 5G yang terjual di Indonesia sudah mencapai 500.000 unit.

Peneliti gadget dari Gatorade Lucky Sebastian melihat larisnya ponsel 5G di Indonesia karena ada pemikiran konsumen ‘yang penting punya dulu’, “jadi saat era 5G sudah siap, produk yang sudah mendukung jaringan super cepat itu sudah ada digengangam mereka. Walaupun cakupan area 5G masih kecil, dan yang bisa akses belum banyak, namun budaya di Indonesia untuk memiliki terlebih dahulu itu ada,” terangnya.

Terlebih kini smartphone kelas entry level pun sudah dilengkapi teknologi 5G, “hal ini turut mendorong para konsumen untuk lebih melirik smartphone berbasis 5G dan membuat penjualan smartphone berbasis 5G akan terus di cari kedepan,” tandasnya.