Review Xiaomi 11 Ultra: Spesifikasi Tinggi dan Fitur Kamera Canggih!

Selular.ID – Xiaomi pada 2021 merilis produk Flagshipnya Xiaomi 11 Ultra yang dibandrol dengan harga Rp. 17 Juta, langkah tersebut awalnya diprediksi akan gagal karena brand image Xiaomi yang terkenal dengan smartphone terjangkaunya.

Xiaomi 11 Ultra ini masih dalam keluarga dari seri Xiaomi Mi Xiaomi Mi 11, Mi 11 Lite, Mi 11 Pro, namun siapa sangka untuk seri Xiaomi 11 Ultra ini dijual dengan harga yang hampir menyentuh angka Rp. 20 Juta rupiah bahkan berbeda Rp. 7 Juta dari seri terendah dari Xiaomi 11 ini.

Baca Juga: Pengunjung Mal Kokas Disuguhkan Pengalaman Magic Ala Xiaomi 11T Series

Harga yang ditawarkan oleh Xiaomi ini harusnya sebanding dengan fitur dan spesifikasi tersedia, karena Xiaomi 11 Ultra ini menyajikan sensor kamera terbaik di kelas flagship, lalu seberapa baik spesifikasi sampai fitur yang dimiliki dari smartphone yang di cap paling mahal dari Xiaomi ini? Tim selular kebetulan diberi kesempatan untuk review kelebihan dari Xiaomi 11 Ultra ini.

Berikut review tim selular mengenai  fitur dan spesfikasi yang dimiliki dari Smartphone flagship Xiaomi 11 ultra ini:

Desain Berkualitas Premium

Xiaomi 11 Ultra ini bawa tampilan perangkatnya dengan membawa kesan yang premium, karena terlihat jelas dari yang paling menonjol adalah modul kameranya yang sangat besar, dan pembedanya adanya layar tambahan yang bisa melihat jam tanpa harus membolak-balik smartphone.

Selanjutnya pada Dimensi dari Xiaomi 11 Ultra ini berukuran 164.3 x 74.6 x 8.4 mm, dengan bobot sebesar 234 gram, untuk tampilan layarnya sebesar 6.81 inci dengan rasio layar ke bodi 20:9, material dari bodi smartphone ini juga sudah berbahan keramik dan disisi frame berbahan alumunium, ditambah lagi dengan pelindung tertinggi dari Corning Gorilla Glass Victus.

Beralih pada kualitas layarnya menggunakan AMOLED, punya 1 miliyar kualitas warna, kecepatan layar sudah 120Hz yang sangat jernih, ditambah lagi adanya HDR10+ yang sudah bersertifikasi Dolby Vision sangat pas untuk pengguna yang seharian beraktifitas menggunakan smartphone.

Last but not least, akhirnya Xiaomi bisa bawa produk smartphonenya yang menggunakan sertifikasi IP68, ini menjadi produk pertama Xiaomi yang tanpa harus khawatir saat perangkat flagship Xiaomi 11 Ultra terendam di air dengan kedalam 1,5meter selama 30 menit.

Fitur Super Lengkap

Pertama kita masuk ke fitur suara yang sudah stereo apalagi menggunakan kualitas dari Harman Kardon yang sangat cocok untuk streaming film dari smartphone namun suasananya seperti di bioskop, Xiaomi 11 Ultra ini tidak membawa port Jack 3.5mm yang semakin menegaskan bahwa produk ini memang berkualitas Flagship.

Selanjutnya Xiaomi 11 Ultra ini juga sudah kompatibel dengan pengisian daya Wireless Charging dengan kecepatan 67W, bisa mengisi daya baterai 100% dalam 30 menit, dan bisa juga reverse wireless charging dengan kecepatan 10W, meskipun kapasitas baterainya masih sebesar 5000mAh, namun dengan kecepatan pengisian yang besar tidak akan khawatir dengan kondisi baterai lemah.

Baca Juga:5 Smartphone Xiaomi RAM 6GB Harga Rp2 Jutaan

Layanan konektifitas dari Xiaomi 11 Ultra ini juga sudah support 5G, karena menggunakan chipset flagship dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888 5G (5 nm), yang sudah terbukti di skor benchmark dari AnTuTu sebesar 688720 (v8) dan GeekBench sebesar 3191.

Xiaomi 11 Ultra memiliki pembaca sidik jari di bawah layar, pada bagian bawah smartphone ada iport USB-C, slot kartu dua nano SIM saling membelakangi, tanpa microSD. Di bagian atas yang menarik adanya pemancar InfraRed yang bisa mengontrol perangkat elektronik dari AC sampai TV.

Kualitas Kamera Fantastis

Fitur kamera

Ini dia, keunggulan dari Xiaomi 11 Ultra karena punya tiga kamera belakangan dengan sensor 50MP dengan kelebaran lensa 24mm yang terdiri dari kamera ultrawide 12mm dan Telefoto 120mm ada juga dual pixel PDAF, dan optical stabilizer. dalam mengembangkan fitur kamera ini atas Kerjasama Xiaomi dengan Samsung.

Kamera utama 50MP ini sudah didukung oleh dual pixel PDAF, dan optical stabilizer yang mengahasilkan gambar lebih alami dan sangat detail. Dengan adanyanya PDAF bisa menstabilkan cahaya saat objek berada di kondisi backlight.

Fitur selanjutnya adalah kamera ultrawide ini punya ekuivalen 12mm, yang berarti bisa menangkap gambar maupun merekam pemandangan yang sempit menjadi luas misalnya saat mengambil gambar di dalam ruangan yang minim ruang, bisa menjadi luas walaupun agak terlihat cembung.

Untuk Telefotonya punya ekuivalen 120mm, yang berarti Xiaomi 11 Ultra punya fitur ekuivalen besar dari brand smartphone lainnya yang hanya menembus angka 110mm, Telefoto ini juga bisa melakukan zoom secara digital sampai 100x, tapi dengan zoom sejauh itu pastinya kualitas gambarnya menjadi menurun.

Pada pengambilan video sudah support resolusi sampai 8K dengan 24fps sedangkan 4K sudah 30/60fps dan sudah punya fitur gyro-EIS yang berarti sudah adanya fitur stabilizer dan berkualitas HDR10+ rec.

Pada layar tambahan yang ada dimodul kamera dari smartphone flagship ini, juga bisa menjadi view finder, berarti bisa memonitor objek atau bahkan untuk selfie menggunakan kamera belakang. Selanjutnya pada kamera depannya beresolusi 20 MP, dengan ekuivalen 27mm yang berarti sudah mendukung pemandangan wide.

Berikut hasil gambar yang di tangkap menggunakan Xiaomi 11 Ultra, oleh tim selular:

Baca Juga: Xiaomi Daftarkan Paten Smartphone Lipat Clamshell, Ini Bocoran Desainnya

Kesimpulan

Setelah berkesempatan untuk review produk Flagship dari Xiaomi ini memang terbilang mahal, namun perusahaan milik Lei Jun ini menawarkan Fitur yang sangat lengkap di Xiaomi 11 Ultra ini maka terbilang sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Desain dari Xiaomi 11 Ultra ini juga terbilang sangat unik dan membawa kesan premium dengan modul kameranya yang besar dan menonjol, seolah-olah Xiaomi mau menekankan bahwa Xiaomi 11 ini sangat juara di kualitas kameranya, dengan beberapa kualitas fitur kamera yang dimiliki.

Apalagi Fitur yang ditawarkan Xiaomi 11 Ultra ini sangat lengkap, dari adanya fitur wireless charger yang kencang hingga adanya InfraRed yang bisa mengontrol perangkat elektronik cukup dengan menggunakan smartphone.