Pixel Fold Tidak Akan Menyerupai Galaxy Z Fold, Lebih Mirip Oppo Find N

Google Pixel Fold

Selular.ID – November lalu tersebar kabar Google akan membuat ponsel lipat Pixel Fold. Awal tahun ini, tes benchmark Geekbench dari perangkat yang disebut Google Pipit mencuat ke permukaan.

Chipset yang memberi daya pada perangkat tampaknya mencerminkan chip Tensor yang ditemukan di dalam Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dengan dua core 2.8GHz, dua core clock pada 2.25GHz, dan empat core efisiensi clock pada 1.8GHz. Sebuah GPU Mali G78 disertakan.

Pixel Fold awalnya diprediksi menyerupai Samsung Galaxy Z Fold 3 yang membuka dan menutup seperti buku yang memperlihatkan layar berukuran tablet 7,6 inci saat dibuka penuh.

Ada tampilan eksterior Cover Screen 6,2 inci dan layar berukuran smartphone dan tablet diperbarui dengan kecepatan 120 kali setiap detik (120Hz).

Android 12L

Rabu lalu Google merilis versi beta kedua Android 12L (untuk perangkat Android dengan layar lebih besar) dan berisi ilustrasi rahasia yang muncul untuk menunjukkan Pixel Fold saat ditutup dan saat dibuka.

Kedua ilustrasi tersebut adalah bagian dari tampilan animasi tentang bagaimana pengguna harus memasukkan kartu SIM mereka ke dalam telepon.

Baca Juga: Samsung Maksimalkan Kamera Selfie Bawah layar Galaxy Z Fold4

Satu animasi tampaknya menunjukkan layar luar luar Pixel Fold dengan volume rocker di sebelah kanan dan engsel di sebelah kiri. Slot kartu SIM ada di bagian bawah perangkat.

Bagian lain dari animasi tersebut menunjukkan gambar Pixel Fold saat terbuka memperlihatkan layar berukuran tablet besar.

Google Pixel Fold

Karena gambar tidak ada dalam rilis beta pertama Android 12L dan muncul di rilis beta kedua, muncul asumsi bahwa Google masih sibuk mengembangkan handset. Pengamatan lain yang dilakukan oleh 9to5Google mencatat bahwa ilustrasi tidak menunjukkan perangkat dengan rasio aspek 22,5:18 seperti Galaxy Z Fold 3.

Sebaliknya, tampilan interior yang besar hampir persegi mengingatkan pada rasio aspek 8,4:9 Oppo Find N.

Jika Pixel Fold meminjam faktor bentuknya dari Oppo Find N, ini akan membantu multitasker karena setiap aplikasi akan memiliki lebih banyak ruang secara horizontal.

Selain itu, dengan resolusi Find N yang hampir persegi, aplikasi lebih cenderung mengenali tampilan sebagai layar tablet dan menyajikan antarmuka tablet aplikasi.

Beberapa spesifikasi yang bocor dalam tes Geekbench menunjukkan bahwa Pixel Fold akan menggunakan RAM 12GB, seperti halnya Pixel 6 Pro, dengan penyimpanan 256GB dan 512GB.

Baca Juga: Intip Bocoran Spesifikasi Utama Google Pixel Foldable “Pipit”