Pembahasan RUU PDP Segera Berlanjut, Kominfo: Pemerintah Kini Menunggu Jadwal dari Komisi I

RUU PDP

Selular.ID – Pembahasan Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP)  mandek di 2021, dan kini tercatat UU keamanan data tersebut kembali masuk dalam program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2022.

Mandeknya pembahasan RUU PDP terakhir tercatat ada pada perbedaan sikap antara Komisi I DPR dengan Pemerintah, terkait penempatan lembaga otoritas pengawas data pribadi independen.

Kini Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan, pembahasan RUU PDP juga menjadi salah satu program prioritas Kementerian Kominfo.

Baca juga: Hambat Pembahasan RUU PDP, Sebenarnya Seberapa ‘Penting’ Polemik Badan Keamanan data Pribadi?

“(RUU PDP) kan itu jadwalnya ada di DPR Komisi I, pemerintah kini menunggu. Dan kami tentu siap untuk menyelesaikannya secepat-cepatnya karena itu inisiatif pemerintah,” ujar Menteri Jhonny, dalam rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, Selasa (18/1).

Kini menurut Menkominfo, pemerintah tengah menunggu kelanjutan pembahasan dari rapat Panitia Kerja (Panja) untuk menyelesaikan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM).

“Pemerintah tentu sangat siap untuk menyelesaikannya, itu salah satu substansi yang dibicarakan di rapat Panja,” tegasnya.

Dalam hal ini pemerintah terus melakukan koordinasi dengan Komisi I DPR RI untuk menyelesaikan pembahasan rancangan undang-undang keamanan data pribadi tersebut. Sehingga, berbagai spekulasi berkaitan dengan substansi pembahasan DIM telah dibahas melalui rapat Panja.

Baca juga: Duh! Kemenkes Kembali Alami Kebocoran data, Kali Ini Libatkan 6 Juta Data Pasien

“Saya tidak memberikan komentar terhadap spekulasi-spekuasi substansi DIM, itu dibicarakan di rapat Panja dan tentu komunikasi berlangsung terus dengan DPR. Kita harapkan dapat menemukan simpul yang sama dengan filososfi dasar untuk kepentingan bangsa, negara dan kepentingan rakyat,” ungkapnya.