Demi Ekonomi Global, CEO Cisco Serukan AS dan China Redakan Ketegangan

Demi Ekonomi Global, CEO Cisco Chuck Robbins Serukan AS dan China Redakan Ketegangan
Chuck Robbins CEO Cisco

Selular.ID – Saat Presiden Joe Biden menyusun strategi baru untuk menghadapi China, seorang CEO teknologi terkemuka merekomendasikan kedua negara adi daya itu untuk meredakan ketegangan.

CEO (Chief Executive Officer) Cisco Systems Chuck Robbins, mengatakan pada Rabu (19/1) bahwa pemerintah AS dan China perlu “menemukan cara untuk hidup berdampingan”.

“Untuk ekonomi global dan, sejujurnya, bagi dunia, saya pikir penting bagi kita untuk mencapai titik temu,” kata kepala pembuat peralatan jaringan terbesar di dunia itu, dalam sebuah wawancara dengan Carol Massar untuk konferensi The Year Ahead Bloomberg.

“Saya berharap pemerintah akan terus mengambil pendekatan itu”, tambah Chuck seperti dilansir dari laman South China Morning Post (20/1).

Hubungan AS dengan China tetap penuh dengan ketegangan selama tahun pertama Biden menjabat. Teranyar Gedung Putih mendeklarasikan boikot diplomatik Olimpiade Beijing pada Desember 2021.

Baca Juga: XL Axiata Gandeng Cisco untuk Efisiensi Kapasitas Jaringan Seluler Melalui Teknologi CUTO

Biden juga belum mencabut tarif yang dikenakan kepada China oleh pendahulunya, Donald Trump. Ia juga mengatakan pada Rabu (19/1),  tidak jelas kapan keputusan pencabutan tarif itu mungkin terjadi.

Biden sebelumnya akan mengungkapkan strategi baru menghadapi China, namun ditunda. Di sisi lain, Gedung Putih telah mengkritik para pemimpin China atas pelanggaran di Hong Kong dan perlakuan terhadap etnis Muslim di wilayah Xinjiang.

Biden juga sedang mempertimbangkan sanksi yang lebih keras terhadap pembuat chip terbesar China. Sumber-sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan pada Desember tahun lalu.

Meski masih berseteru, kedua negara tetap menjadi mitra dagang utama. China mencatat rekor surplus perdagangan dengan AS pada 2021, sebagian karena permintaan barang-barang China yang dipicu pandemi oleh Amerika.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan dalam Bidang Cloud, Cisco Kenalkan Inovasi Baru Hybrid

Halaman berikutnya

Keluhan para CEO perusahaan teknologi dunia..