Dari Elon Musk Hingga Mark Zuckerberg Rugi Milliaran Dollar Akibat Saham Turun

turun

Selular.ID – Pada Minggu 23 Januari menjadi pekan terburuk bagi pasar saham teknologi dan kripto turun berakibat bagi Nama besar seperti Elon Musk (Tesla & Space X) dan Mark Zuckerberg (META) karena kehilangan Milliaran Dollar.

Elon Musk sebagai pemilik Tesla dan Space X, yang sebelumnya sempat menjadi orang terkaya di dunia teknologi, kehilangan US$ 25,1 miliar akibat saham teknologi dan kripto turun dan penurunan kekayaan 9%, Tapi masih menjadi orang terkaya karena memiliki total kekayaan sebesar $243,4 miliar.

Karena Jeff Bezos Sebagai pemilik Amazon, juga terkena dampak dari penurunan saham pada pekan lalu karena ia mengalami penurunan kekayaan sebesar $20 miliar. Mengutip dari Bloomberg minggu lalu adalah yang terburuk bagi pasar saham sejak mengalami penurunan pada awal pandemi Covid-19.

Selanjutnya ada pendiri dari Binance yaitu Changpeng Zhao yang mengalami kehilangan US$ 17,7 miliar, dan Mark Zuckerberg dari META juga mengalami penurunan hingga US$ 10,4 miliar. Hal ini terjadi karena, Nasdaq yang berperan dalam saham teknologi turun 7,6% untuk minggu ini, yang sekaligus sebagai penurunan terbesar sejak Maret 2020.

Baca Juga: Google Pay Akan Integrasikan Kartu Vaksin dan Aset Kripto

Perkembangan terkait kenaikan suku bunga ditentukan oleh pertemuan Federal Reserve (The Fed) selama dua hari dari selasa hingga rabu, maka dari itu para investor masih menunggu kebijakan dari bank sentral.

Selain saham teknologi penyebab kedua adalah anjloknya saham Kripto, karena bitcoin turun dan menjadi yang terendah dalam enam bulan karena nilai aset digital lainnya juga turun. Hal ini berimbas pada uang investor hilang ratusan miliar dollar selama seminggu.

Selain Bitcoin yang mengalami penurunan persentase hingga 16%, berdampak juga pada aset digital uang kripto lainnya seperti ethereum yang lebih parah karena turun hingga 25%. Padahal sebelumnya di November 2021 bitcoin sempat mengalami rekor tertinggi hampir US$ 68.000, jika di rupiahkan sekitar Rp. 973.267.000.

Baca Juga: Teknologi AR ini Bisa Bermain Game Sambil Menghasilkan Bitcoin